Main Menu

M Taufik Ancam Gugat KPU Ke Pengadilan

Abdul Rozak
03-09-2018 18:08

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta, M Taufik(kacamata).(ANTARAnews/re1)

Jakarta, Gatra.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta loloskan Ketua DPD Partai Gerindra DKI Mohamad Taufik sebagai calon anggota legislatif pada pileg 2019. Taufik gugat KPU DKI Jakarta ke Bawaslu setelah dianggap tidak memenuhi syarat sebagai calon legislatif. Taufik menegaskan KPU DKI wajib melaksanakan putusan Bawaslu sesuai UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

 

Jika KPU tidak mentaati keputusan Bawaslu tersebut, Taufik mengancam menggugat KPU secara pidana maupun perdata ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI. "Kalau dia (KPU) enggak melaksanakan putusan kita gugat lagi pidana dan perdata ke DKPP, terus saja kita gugat," kata Taufik kepada awak media di Jakarta, Senin (3/9).

 

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta ini mengatakan KPU membuat dirinya tidak memenuhi syarat sebagai calon anggota legislatif karena takut pada opini publik. Padahal apa yang dilakukan KPU DKI bertentangan dengan UU Pemilu.

 

Taufik menggugat KPU DKI setelah ditetapkan tidak memenuhi syarat sebagai caleg berdasarkan Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018 yang mengatakan jika seorang mantan narapidana kasus korupsi tidak dapat mencalonkan diri pada pileg. Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2018, ungkap Taufik, bertentangan dengan UU Nomor 7 Tahun 2017.

 

Dalam UU Pemilu tersebut mantan terpidana korupsi yang menjalani masa hukuman selama lima tahun atau lebih, boleh mencalonkan diri selama yang bersangkutan mengumumkan pernah berstatus sebagai narapidana kepada publik. Taufik divonis 18 bulan penjara di tahun 2004 karema terbukti merugikan negara sebesar Rp 488 juta dalam kasus korupsi pengadaan barang dan alat peraga Pemilu 2004. Saat itu Taufik menjabat sebagai Ketua KPU DKI Jakarta. "Bawaslu ini kerja tanpa khawatir tanpa takut pada tekanan. KPU kerjanya didorong oleh opini-opini yang dibangun," tutup Taufik.


 Reporter: Abdul Rozak

Editor: Bernadetta Febriana

Abdul Rozak
03-09-2018 18:08