Main Menu

Menengok Wisata Budaya di Kampung Batik Laweyan Solo

Putri
16-11-2016 07:03

Sumber: blog.airyrooms.com

Jakarta, GATRAnews - Seperti yang selama ini dikenal oleh banyak orang, kota Solo merupakan salah satu kota yang unik dan nyaman, adalah destinasi wisata yang kental warisan budaya. Jika Anda berkunjung ke kota Solo ini belum lengkap bila belum mengunjungi sentra batik di Kampung Batik Laweyan. Kampung Batik Laweyan ini telah menjadi salah satu tempat wisata budaya yang unik di kota Solo dan layak Anda kunjungi.

 

Kampung Batik Laweyan merupakan sebuah kawasan unik, artistik, dan bersejarah. Wilayah yang berupa kampung tua sebuah kecamatan di kota Solo ini adalah cikal bakal berdirinya kota Solo. Di Kampung Batik ini Anda bisa menikmati beragam wisata mulai dari wisata belanja, wisata industri, wisata heritage, wisata sejarah dan wisata kuliner.

 

Fakta-Fakta Kampung Batik Laweyan Solo

Berikut ini fakta-fakta terkait kampung bersejarah yang sudah ada sejak abad ke-14 pada jaman kerajaan Pajang ini.

● Laweyan berasal dari kata Lawe, yang berarti benang dari kapas yang dipintal. Pada masa itu lokasi ini sudah menjadi sentral pembuatan kain. Hingga saat ini Laweyan memang tetap bertahan menjadi sentra batik dan kain di kota Solo dengan bangunan rumah kunonya. 

● Mereka yang menghuni rumah-rumah kuno dan artistik itu adalah para pedagang batik di masa lampau. Kekayaan mereka luar biasa melebihi para bangsawan, sehingga mereka bisa membangun rumah layaknya istana sendiri di kampung ini. Rumah-rumah bersejarah peninggalan masa lalu milik mbok mase dan mas nganten ini terus dijaga kelestariannya oleh keturunannya hingga kini.

● Bila Anda memasuki kampung Laweyan, Anda bisa merasakan suasana Kampoeng Tempo Doeloe, yang menambah daya tarik tersendiri. Anda seolah masuk ke sebuah kota lama penuh dengan arsitektur lawas. Hampir semua rumah di Kampung Batik Laweyan ini dibangun dengan sentuhan arsitektur Eropa yang megah. 

● Selain merasakan nuansa masa lalu dengan bangunan yang bernilai historis, di kampung ini Anda akan bisa menikmati situs bersejarah, seperti Museum Samanhudi. 

● Lebih mengasyikkan lagi di Kampung Batik Laweyan ini, Anda bisa berbelanja berbagai jenis produk batik, mulai dari kain, beragam pakaian batik sampai beragam kerajinan, di toko-toko batik yang bertebaran di kampung ini, hingga gang-gang kecilnya.

● Bagi Anda yang hobi wisata belanja, ada banyak pilihan lebih dari 50 gerai batik Laweyan yang menjual beragam produk batik berkualitas dengan harga yang terjangkau. 

● Anda yang ingin mengetahui proses pembuatan batik tulis, batik cap, dan printing ini dari dekat, bisa menyaksikannya secara langsung. Tertarik mencobanya? Anda pun bisa praktik membuat batik, dengan mengikuti paket kursus batik singkat selama sekitar 2 jam saja. 

● Anda akan belajar membuat pola, membatik, dan mewarnai dengan teknik colet/tolet. Hasil karya Anda ini bisa Anda jadikan souvenir unik dari Kampung Batik Laweyan.

● Konsep beragam wisata ini memang selaras dengan kebijaksanaan pemerintah pusat yang telah menjadikan Kampung Laweyan ini sebagai Kawasan Cagar Budaya Nasional.

 

Bila Anda datang dari luar kota, dan ingin berwisata ke kota ini, Anda tidak perlu khawatir untuk penginapannya karena tersedia banyak hotel murah di Kota Solo, tapi Cuma Airy Rooms yang menawarkan kenyamanan lebih. Airy Rooms adalah jaringan hotel terbesar di Indonesia dengan jumlah hotel terbanyak bila Anda bandingkan dengan jaringan hotel lain. 

Dengan harga murah namun Anda terjamin bisa mendapatkan 7 fasilitas yang memadai di setiap kamar yaitu AC, TV layar datar, perlengkapan mandi, tempat tidur yang bersih, shower air hangat, air minum dan WiFi gratis. 

                                                

Anda bisa memesan hotel murah ini dengan mudah melalui website maupun Android Apps atau iOS Apps. Pembayarannya pun bisa Anda lakukan melalui transfer dan kartu kredit. Nah, tunggu apalagi segera kunjungi situsnya, setelah itu tinggal memesan hotel dan Anda pun bisa jalan-jalan menikmati wisata batik di kota Solo.


GATRAnews/Mrkt

Putri
16-11-2016 07:03