Main Menu

Havana Pecahkan Rekor Spotify

Flora Librayanti BR K
02-06-2018 12:38

Single Havana di Spotify. (Dok. GATRA/FT02)

New York, Gatra.com – Lagu Havana milik solois Camila Cabello memecahkan rekor sebagai single yang paling banyak didengar lewat layanan streaming. Billboard mengumumkan pada Jumat (1/6) waktu setempat bahwa single “Havana” milik penyanyi berdarah Kuba-Amerika tersebut tercatat sebagai lagu yang paling banyak didengarkan via aplikasi streaming Spotify. Rekor ini sebelumnya dipegang oleh lagu “Cheap Thrills” milik Sia.

 

Dalam publikasinya, Billboard menyebut kalau lagu ini telah didengarkan lebih dari 888 juta kali sejak pertama kali dirilis pada September 2017 silam. Disebutkan juga kalau Camila mencatatkan rekor pula sebagai solois Latin pertama yang meraih rekor tersebut.

Sebelumnya, dalam wawancara dengan Rolling Stone, Camila sempat mengisahkan bahwa tadinya banyak pihak pesimis akan lagu ini. Label tempat ia bernaung sempat meragukan potensi sukses single yang diberi judul sama dengan nama kota di kampung halamannya di Kuba itu.

“Kami merevisinya, lalu merevisi lagi, dan lagi. Saya bertemu sejumlah orang di studio yang saya merasa cocok dengannya, lalu kami mencoba mengubah lagu ini, tapi tak ada yang berhasil,” cerita Cabelo pada Rolling Stone.

Pada akhirnya, produsernya Frank Dukes menggandeng Pharrell dan mengubah lagu itu. Bahkan, walau ada nama besar Pharrell dibelakangnya, pihak label masih belum teryakinkan. “Tak ada yang mau membuat track itu menjadi single. Mereka (label) mengatakan kalau radio tak akan pernah memutar lagu ini, bahwa lagu ini terlalu lambat, terlalu santai,” kenangnya lagi.

Saat itu, Camila memang ngotot agar lagu “Havana” harus menjadi single promosi dari album studio perdananya. Keputusan tak salah mengingat lagu ini belakangan membawanya meraih sejumlah penghargaan platinum dan kesuksesan merajai banyak chart musik dunia.


 


Editor : Flora L.Y. Barus

 

Flora Librayanti BR K
02-06-2018 12:38