Main Menu

Tur Dunia, Megadeth Pilih Manggung di Jogja

Mukhlison Sri Widodo
30-06-2018 18:20

Konferensi pers jelang konser Megadeth di Yogyakarta. (GATRA/Arif Koes/FT02)

Yogyakarta, Gatra.com - Merayakan 35 tahun kiprahnya di blantika musik dunia, grup musik rock Megadeth menjadikan Indonesia sebagai satu-satunya negara di Asia yang dikunjungi dalam tur dunianya.

 

Kota Yogyakarta dipilih untuk memuaskan penggemar band trash metal asal Los Angeles, Amerika Serikat, itu yang tampil pada 27 Oktober di Stadion Kridosono dalam pertunjukan ‘Jocjarockarta Festival #2’.

“Meski hanya diselenggarakan satu hari, penampilan Megadeth sangat sayang dilewatkan. Album terakhirnya meraih Grammy Award dan konser ini juga persiapan untuk album baru mereka,” kata penggagas Jocjarockarta Festival, Anas Syahrul Alimi, saat jumpa pers di Yogyakarta, Sabtu (30/6).

Anas menyatakan terpilihnya Indonesia sebagai satu-satunya negara di Asia dalam tur dunia Megadeth menandakan bahwa negara ini sudah dinilai aman dan memiliki tingkat ekonomi yang bagus.

Menurut Anas, pemilihan tempat konser oleh band kelas dunia biasanya tidak mudah. 

Bahkan dalam proses pendekatan ke Megadeth, Anas mengatakan butuh waktu hampir satu tahun.

“Semoga penampilan band yang masuk lima besar band terbaik dunia ini mampu menghadirkan kenangan bagi penggemarnya di Indonesia,” ujar dia.

Selain menampilkan Megadeth sebagai band utama, konser Jogjarockarta kedua menampilkan band musik cadas nasional seperti God Bless, Roxx, Power Metal, Edane, PAS Band, Bugerkill, Kelompok Penerbang Roket, Death Vomit, dan Something Wrong, serta band rock lokal Sangkakala.

Sebagai daya tarik, Anas mengatakan panitia menggelar dua kali prajual tiket yaitu pada 30 Juni dengan harga Rp 500.000 dan pada 4 Juli Rp 550.000.

“Di luar tanggal itu, tiket reguler kami bandrol Rp 700.000. Kami jual serentak mulai 9 Juli dan bisa melalui online. Satu identitas kami batasi membeli maksimal lima tiket,” kata dia.

Jogjarockarta Festival adalah pagelaran musik rock dengan penampil band kelas dunia. 

Di gelaran pertama tahun lalu, konser ini mendatangkan Dream Theater untuk tampil dua hari.

Megadeth direncanakan membawakan kurang lebih 20 lagu. 

Grup ini didirikan oleh Dave Mustaine pada 1983,  setelah dia didepak dari Metallica akibat konflik dengan personel lain band thrash metal legendaris itu.

Bersama David Ellefson, Mustaine sukses membesarkan Megadeth hingga menelurkan 15 album yang telah terjual lebih dari 38 juta keping di seluruh dunia.

Megadeth diakui sebagai salah satu pionir musik thrash metal bersama Metallica, Slayer, dan Anthrax. Keempat band itu disebut 'Big Four' dalam aliran thrash metal. 

Setelah berulang kali bongkar pasang personel, Megadeth saat ini digawangi Mustaine pada vokal dan gitar, Ellefson untuk bas, Kiko Loureiro di gitar, dan Dirk Verbeuren yang menggebuk drum. 


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
30-06-2018 18:20