Main Menu

Project Bhinneka, Inisiatif Generasi Millenial Menjaga Keberagaman

Ervan
18-07-2018 17:29

Ketua MPR Zulkifli Hasan membuka acara Project Bhinneka. (GATRA/erry Sudiyanto/FT02)

 

Jakarta, Gatra.com - Pengalaman kuliah di luar negeri membuat Rafi Haikal dan temannya, Valerie Thomas, banyak belajar mengenai pentingnya menjaga keberagaman

 

"Pengalaman sekolah di luar negeri menyadarkan kita bahwa Indonesia itu kaya suku, budaya dan latar belakang lainnya. Indonesia adalah bangsa yang siap bersaing dengan bangsa lain," kata Rafi, Rabu (18/7).

 

Kesadaran itulah yang membuat Rafi Haikal yang juga putra Ketua MPR Zulkifli Hasan ini menggagas Project Bhinneka, sebuah inisiatif anak muda untuk saling menjaga dalam perbedaan 

 

Hari ini, Rabu (18/7), Rafi Haikal dan Valerie Thomas meresmikan inisiatif Project Bhinneka dalam bentuk Art & Exhibition anak muda dari beragam suku, agama dan latar belakang lainnya. 

 

Acara dilaksanakan di Gedung Nusantara V MPR RI dan dibuka oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan. Turut hadir sejumlah seniman dan selebritis, antara lain Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio), Jeremy Thomas, Dwiki Dharmawan, dan juga beberapa sineas muda.

 

Dalam sambutannya, Rafi Haikal menyebut Project Bhinneka adalah wadah generasi millenial untuk berkreasi, berkarya, dan bersuara sebagai kontribusi anak muda untuk bangsa

 

"Selain itu melalui Project Bhinneka kami juga menggalang dana dan mendonasikannya untuk pekerja seni yang tetap gigih berkarya walupun memiliki keterbatasan," kata Rafi. Sebagai contoh, saat pembukaan tadi, mereka memberikan sumbangan untuk Pak Atau, Pelukis jalanan yang menderita disabilitas. 

 

"Saya ingin menggugah kepada generasi muda untuk tidak berhenti berkarya dan melakukan hal hal positif yang bisa di mulai dari diri sendiri, Gunakan Media social dengan secara bijak karena kita adalah generasi masa depan bangsa," kata Rafi, yang sedang kuliah jurusan Arsitektur di New York, Amerika Serikat ini. 

 


 

Reporter: Ervan Bayu

Editor    : Cavin R. Manuputty

 

 

Ervan
18-07-2018 17:29