Main Menu

Tiga Musisi Swiss Padukan Musik Klasik dan Gamelan

Flora Librayanti BR K
19-07-2018 15:48

Konser musik klasik musisi Swiss (GATRA/Flora Libra Yanti/yus4)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com – Kedutaan Swiss di Indonesia mengundang trio musisi asal Kota Sion, Kanton (provinsi) Valais, Swiss untuk konser perdana musik klasik di Jakarta. Mereka adalah Timothee Coppey pada violin, Domitille Coppey pada cello, dan Jessie Vergeres pada piano. Ketiganya merupakan jebolan Sekolah Musik “Un, Deux, Trois, Musiques...” di Sion.

 

“Ini adalah kali pertama mereka tampil bersama di Indonesia. Setelah ini, mereka akan konser di Eropa dan Amerika Serikat,” ujar Duta Besar Swiss untuk Indonesia, Yvonne Baumann disela-sela konser yang diadakan di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Rabu (18/7) malam.

Sesungguhnya ide awal mendatangkan trio ini bersumber dari mantan Duta Besar Indonesia untuk Konfederasi Swiss, Linggawaty Hakim. Pada November lalu, ia membuka Pusat Pelatihan dan Penampilan Gamelan pertama di Swiss yang resmi bekerjasama dengan pemerintah Republik Indonesia. Pusat pelatihan ini bertempat di Sekolah Musik “Un, Deux, Trois, Musiques...” karena mereka sudah belasan tahun aktif mempelajari dan mempertunjukkan gamelan.

“Hal yang spesial dari trio yang sangat berbakat ini adalah mereka mahir main gamelan. Tak ada yang sangka, di tempat jauh diantara gunung-gunung Swiss, ada Pusat Pelatihan Budaya Gamelan,” tambah Dubes Baumann.

Walau konser tersebut lebih fokus pada pagelaran musik klasik, dan tidak ada alat musik gamelan yang tersedia, trio tersebut tak habis akal. Maka, setelah membawakan lima repertoar musik klasik, ketiganya lantas melakukan body percussion. Ketiganya memegang alat musik gamelan di tangan dan memukulkannya sehingga menghasilkan nada-nada indah.

“Saat terakhir ke Indonesia, saya ingin menciptakan karya yang menggabungkan dua budaya. Maka saya buat musik ini,” ujar Domitille Coppey.

“Ini adalah contoh luar biasa tentang perpaduan budaya. Kerja bersama untuk membawa hal ini dan mendekatkan Swiss dan Indonesia,” pungkas Dubes Baumann.

Setelah ini, trio tersebut berencana untuk mengadakan konser pula di Solo, Yogyakarta, dan Bandung.


 


Editor : Flora L.Y. Barus

 

Flora Librayanti BR K
19-07-2018 15:48