Main Menu

Menikmati Paduan Suara Anak Indonesia Kelas Dunia

Mukhlison Sri Widodo
25-08-2018 19:20

Paduan suara anak The Resonanz Children’s Choir (TRCC).(Dok. Image Dynamics/re1)

Jakarta, Gatra.com - Perkawinan lagu anak, lagu bernafaskan nasionalisme hingga lagu daerah terwujud dalam pementasan berjudul Pertiwi Bernyanyi oleh paduan suara anak The Resonanz Children’s Choir (TRCC). Pertunjukkan kali itu dipimpin oleh Luciana Oendoen.

 

Avip Priatna Direktur Musik The Resonanz Music Studio, yang juga membesut TRCC menyatakan, pemilihan lagu dalam Pertiwi Bernyanyi mengambil momentum HUT RI ke-73 dan Asian Games 2018.

“Pertiwi Bernyanyi memang berkaitan dengan 17 Agustus. Mereka dipupuk rasa nasionalismenya lewat lagu,” kata Avip kepada GATRA usai mentas, Sabtu (25/8) di Galeri Indonesia Kaya, Jakarta.

Ada tiga semangat yang ingin disampaikan melalui lagu-lagu di Pertiwi Bernyanyi. Pertama, lagu anak seperti Lihat Lebih Dekat yang dipopukerkan Sherina Munaf dan Aku Bisa yang dibawakan Coboy Junior.

Ada pula lagu yang bernuansa nasionalisme seperti Bendera yang dinyanyikan band Kotak dan Hari Ini Pasti Menang yang dipopukerkan band Netral.

Terakhir, lagu-lagu daerah untuk menumbuhkan semangat Bhinneka Tunggal Ika. Avip mencoba mengenalkan Indonesia kaya ragam budaya dan punya bermacam suku melalui lagu daerah.

Beberapa lagu yang dibawakan contohnya Ampar Pisang, Bunga Jempa dan Ondel-ondel.

“Anak-anak harus tahu saudara-saudaranya punya lagu jadi mereka lebih cinta Indonesia,” ujarnya.

TRCC bukan sembarang tim paduan suara anak-anaka. Mereka telah menjajal berbagai kompetisi lokal maupun internasioanl. April lalu, TRCC di bawah pimpinan Avip Priatna menjuarai European Grand Prix (EGP) for Choral Singing di Maribor, Slovenia.

Ajang ini merupakan kompetisi paduan suara yang telah berumur 30 tahun dan paling bergengsi di Eropa. 

Kemenangan ini mencatatkan sejarah baru bagi Indonesia karena pertama kalinya paduan suara kita menjadi juara EGP.

Dengan prestasi membanggakan itu tak heran TRCC didapuk jadi pengisi acara untuk penutupan Asian Games 2018. 

Di hajatan olahraga berskala Asia tersebut mereka membawakan satu lagu. “Nanti kami menyanyikan lagu Indonesia Raya saat penutupan,” ujarnya.


Reporter : Putri Kartika Utami
Editor : Mukhlison 

Mukhlison Sri Widodo
25-08-2018 19:20