Main Menu

Jonathan Kuo Akan Gelar Konser dengan Repertoar Menantang

Mukhlison Sri Widodo
01-09-2018 05:47

Pianis Indonesia, Jonathan Kuo. (GATRA/YSS/RT)

Jakarta, Gatra.com - Pianis Indonesia, Jonathan Kuo berencana menggelar konser solo pada 7 Oktober mendatang. Ini menjadi pembuktian dirinya atas prestasi yang ia sandang selama ini.  

 

Bertempat di Aula Simfonia Jakarta Jalan Industri Blok B. 14 Kav. 1, Kemayoran, Jakarta Utara, Jonathan akan memainkan komposisi piano klasik gubahan Tchaikovsky dan Mozart. 

Pergelaran bertajuk Steinway & Sons Present Young Steinway Artist Gala Concert itu menampilkan Jonathan bersama kelompok orkestra di bawah pimpinan konduktor Iswargia R Sudarno.

Konser ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia dan juga memperkenalkan musik klasik pada anak muda di Indonesia.

"Karena saya juga melihat masih rada kurang peminat, berbeda sekali dengan peminat Via Vallen yang sudah jutaan," kata Jonathan  pada press conference di Dharmawangsa Square, Jumat (31/08).

Pada usianya yang masih belia, Jonathan sudah meraih menyandang gelar sebagai Young Steinway Artist yang mengharumkan nama Indonesia di kancah nasional hingga internasional.

Jonathan mulai menekuni piano untuk yang pertama kalinya pada usia 8 tahun dan dididik oleh Iswargia R. Sudarno, pendiri Jakarta Sinfonietta.

Dengan melihat seluruh potensi dan prestasi yang sudah di raih oleh Jonathan. PT. Citra Intirama selaku distributor alat musik di Indonesia, mengajukan permohonan kepada Steinway & Sons Jerman untuk menganugerahkan gelar sebagai Young Steinway Artist kepada Jonathan.

"Jo merupakan orang pertama yang dapat mencapai Steinway Artist tanpa sekolah formal conservatorium, karena sebelumnya Steinway Artist asal Surabaya juga ada, akan tetapi lulusan dari sekolah conservatorium" jelas Paulus Gani, sales dan marketing PT. Citra Intirama yang menjadi perwakilan dari Steinway & Sons Indonesia.

Menurut Paulus Gani, untuk menjadi Steinway Artist memerlukan waktu kurang lebih satu hingga dua tahun dan harus melewati banyak proses. 

“Untuk menjadi ambassador Steinway Artist bukanlah bersifat bisnis, melainkan harus berprestasi," tambah Paulus.

Jonathan sendiri sudah menggelar konser tunggalnya ketika ia berusia 13 tahun. Lalu dan pada Oktober 2017 ia kembali menggelar konser musik klasik bersama Isyana Sarasvati, seorang penyanyi dan pianis klasik.

Konser pada Oktober nanti, telah di persiapkan oleh Jonathan sejak bulan Juli lalu di mana ia berlatih untuk memainkan piano dengan durasi 70 menit. Terbagi dua buah lagu dengan durasi waktu 40 menit dan 30 menit.

Juga adanya encore dengan durasi waktu tujuh hingga delapan menit. "Menjadi guru sejak Jo umur delapan tahun memiliki kemajuan yang besar sekali. Sekarang sudah dapat dikategorikan sebagai artist,” ungkap Iswargia.

Jonathan, pria kelahiran Bandung, 21 September 2002 ini menyebutkan, saat konser nanti, dia ingin menikmati dan berupaya menampilkan yang terbaik. 

Bagi Jonathan, repertoar di konser kali ini sulit karena lagu yang dia mainkan baru pertama kali. Lagunya susah sekali dan tidak bisa diremehkan, juga panjang,” katanya.


Reporter : YSS
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
01-09-2018 05:47