Main Menu

Animasi Penuh Nilai Kebhinekaan ‘Keluarga Somat’ Hadir dalam Format DVD

Mukhlison Sri Widodo
12-09-2018 20:03

Peluncuran “Keluarga Somat” DVD.(GATRA/CH/re1)

Jakarta, Gatra.com - Animasi karya anak bangsa, “Keluarga Somat” yang sebelumnya sukses tayang di salah satu stasiun televisi swasta ini oleh Formula Pictures bersama CFC dikemas dalam bentuk kepini padat DVD.  Animasi ini dianggap memiliki nilai-nilai kebhinekaan yang baik untuk ditanamkan kepada anak-anak Indonesia. 

 

“Keluarga Somat itu mencerminkan kebhinekaan. Jadi ini yang kita ambil untuk mendidik anak-anak, supaya mereka dapat belajar perilaku keluarga tersebut sehari-hari,” jelas Rino Hadisa perwakilan dari Formula Pictures dalam konferensi pers peluncuran “Keluarga Somat” DVD untuk Keluarga di CFC Bangka, Jakarta Selatan, Rabu (12/9). 

Kumpulan serial Keluarga Somat dalam DVD bertajuk “The Best of Keluarga Somat” ini berisi kompilasi 7 episode terbaiknya.

Psikolog anak Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto pun menyambut baik animasi yang bercerita mengenai keseharian Keluarga Somat yang terdiri dari Pak Somat beserta Istri, dan kedua anaknya ini. Animasi ini dianggap memiliki nilai untuk membentuk karakter bersikap demokratis. 

“Nilai-nilai yang diambil dari Keluarga Somat, bahwa anak juga perlu bersuara. Dan orangtua juga perlu mendengar. Sehingga nanti kalau anak-anak sudah besar, tidak akan memaksakan kehendaknya. Kalau jadi pemimpin mau mendengar suara rakyat atau bawahannya,” tutur Kak Seto. 

Menurut Kak Seto, anak berusia sekitar 3-4 tahun sudah mulai bisa menyerap isi cerita dan karakter yang ia tonton. Namun diperlukan peran orangtua untuk mendampingi dan membimbing anaknya. 

“Nah, ini perlu kita manfaatkan untuk hal-hal positif. Tetapi juga perlu ada pengantarnya, kemudian evaluasinya, dan sebagainya. Jadi perlu ada dialog dengan anak. Tanya pada anak, menurut kamu gimana tadi?” jelasnya. 


Reporter: CH
Editor: Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
12-09-2018 20:03