Main Menu

Kinaryosih Utamakan Pendidikan Perilaku untuk Buah Hatinya

Fahrio Rizaldi A.
06-05-2016 08:59

Jakarta, GATRAnews - Sebagai seorang ibu, Kinaryosih berusaha keras untuk memberikah yang terbaik kepada sang anak. Satu di antaranya adalah pendidikan. Kinar --sapaan akrabnya-- menilai, pendidikan tak melulu harus bersifat akademis melalui sekolahan. Orangtua punya peranan penting untuk mendidik mental sang anak. "Pendidikan itu penting sekali, tapi yang nggak kalah penting itu mengajarkan perilakunya. Masyarakat sering lupa mengajarkan perilaku yang baik kepada anak mereka," ujar Kinaryosih, ditemui di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (2/5) malam.

"Aku lebih baik punya anak yang nggak terlalu pintar, tapi baik perilakunya," tambahnya.

Satu di antara cara mengajarkan perilaku yang baik, kata Kinar, adalah memberi contoh dari orangtua. Kinar tak ingin memaksakan sang anak bersekolah formal terlalu dini, maka dari itu, dia dan suami sepakat untuk mendidik sang anak di rumah.

"Anak akan mengadaptasi perilaku orangtuanya. Kalau perilaku orangtuanya benar, anaknya juga akan benar. Anak aku pernah disekolahin saat dia berusia dua tahun, tapi dia nggak suka, dan nangis kencang banget," terangnya.

Rasa kepedulian terhadap anak-anak, diakui Kinar muncul setelah dia menjadi seorang ibu. Dahulu, Kinar cenderung menghindari berurusan dengan anak kecil. "Sebelum punya anak, jujur aku nggak suka anak kecil. Tapi Alhamdulillah sekarang naluri keibuanku muncul, jadi lebih sensitif," urainya.



Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Edward Luhukay

Fahrio Rizaldi A.
06-05-2016 08:59