Main Menu

Peggy Melati Sukma Duta Baznas untuk SDGs

Edward Luhukay
16-12-2016 09:29

Peggy Melati Sukma (GATRAnews/Edward Luhukay)

Jakarta, GATRAnews - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menunjuk Peggy Melati Sukma menjadi Duta Baznas untuk SDGs (tujuan pembangunan berkelanjutan), untuk menggemakan kontribusi zakat dalam pembangunan dunia Pelantikan dilakukan oleh Ketua Baznas Bambang Sudibyo, Rabu (14/12), di Jakarta. Dalam acara tersebut juga dilakukan simbolisasi program kerja sama CSR dari berbagai perusahaan kepada Baznas untuk bidang-bidang SDGs.



Sebelumnya, Baznas telah meneken komitmen penerapan SDGs dalam Sidang Persatuan Bangsa-Bangsa bersama UNDP, Bappenas, dan berbagai lembaga lainnya.

Melalui siaran pers yang diterima GATRAnews, disebutkan bahwa Baznas menyambut gembira dengan adanya SDGS, lantaran SDGS bakal mempercepat pemberantasan kemiskinan dan meningkatkan semangat pembelaan terhadap asnaf yang selama ini dilakukan oleh Baznas.

Menurut Bambang, sebagian dari 17 poin SDGs sangat berhimpit dengan tujuan zakat, antara lain pemberantasan kemiskinan, pemberantasan kelaparan, kehidupan yang sehat, pendidikan berkualitas, air bersih dan sanitasi, serta upaya dalam mengurangi kesenjangan. "Baznas mendukung pelaksanaan SDGs di Indonesia melalui potensi yang dimiliki oleh Baznas," kata mantan menteri keuangan RI tersebut.

"Baznas melibatkan Baznas provinsi, Baznas kabupaten/kota, dan Lembaga Amil Zakat, untuk melaksanakan program pengentasan kemiskinan dikaitkan dengan SDGs," Bambang, menambahkan.

SDGs, dalam mencapai target pembangunannya memiliki berbagai ukuran yang harus dijadikan acuan sejumlah program Baznas dan pengelola zakat lainnya. "Kami berharap dakwah zakat makin terasa pada ruang yang lebih luas melalui wacana SDGs," katanya.

Sementara, Peggy, 40 tahun, menyatakan sangat antusias menjalani peran barunya tersebut. Kegiatan sosial yang digeluti Peggy, kian lengkap dengan semangat berdakwah zakat melalui Baznas. Peggy, yang sebelumnya juga menjadi Duta MDGs ini, memiliki jaringan hingga mancanegara dan siap berkontribusi lebih banyak bagi kesejahteraan umat.

Kepada wartawan, selebritas berkerudung yang memiliki nama lengkap Raden Peggy Melati Purnama Dewi Sukma ini mengaku aktif dalam tiga tahun belakangan di dalam gerakan dakwah. Kegiatan tersebut, lanjutnya, juga bersinggungan dengan Baznas. "Dan pada kali ini akhirnya mengerucut menjadi pengukuhan sebagai duta. Artinya, saya diberikan kerangka kerja yang akan direncanakan untuk dibangun dalam tahun-tahun ke depan," demikian Peggy.




Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
16-12-2016 09:29