Main Menu

Gitar Legendaris Bob Dylan Dilelang

Fahrio Rizaldi A.
26-10-2017 17:57

Ilustrasi. (AFP/Robyn Beck/AK9)


Los Angeles, Gatra.com - Sebuah gitar akustik merek Martin tipe D-28 milik Bon Dylan dilelang. Gitar produksi tahun 1963 itu kerap digunakan Dylan saat konser di sepanjang era 1970-an.

 

Gitar itu dilelang pada 11 November mendatang di Dallas, oleh Heritage Auction. Diperkirakan gitar Martin itu akan terjual seharga UD$ 300.000.  

Dylan pernah menggunakan gitar itu dalam Concert for Bangladesh, yang digagas personel The Beatles, George Harrison, di New York, tahun 1971 silam. Gitar itu juga dimainkan saat konser Rolling Thunder Avenue, pada Oktober 1975 hingga Mei 1976.

Saat ini, gitar legendaris itu dimiliki oleh seorang teknisi reparasi gitar langganan Dylan, Larry Cragg. Dia membeli gitar itu langsung dari Dylan pada tahun 1977. Struk asli pembelian itu juga masih tersimpan baik, yang mencantumkan harga UD$ 500.


Sangat Terawat 

Sejak dimiliki Cragg, gitar itu tak pernah lagi dimainkan. Namun, Cragg merawat gitar itu dengan menempatkannya di ruangan khusus yang temperatur nya terjaga

"Gitar ini masih lengkap, bridge pin (untuk penyetelan nada gitar) nya masih asli. Semuanya masih sama seperti saat saga memilikinya, wadah nya sama, seperti 40 tahun lalu," jelas Cragg seperti yang dilansir dari Billboard.

Cragg Ahli Reparasi Gitar Profesional

Larry Cragg bukan lah ahli reparasi sembarangan. Dia kerap dipercaya oleh para musisi ternama untuk merawat alat musik. Selain Bob Dylan, sejumlah musisi mempercayakan gitar nya di tangan Craag, antara lain, Bruce Springsteen, Carlos Santana, Jefferson Airplane, dan Prince.

Gitar ini bukan lah satu-satu nya gitar Dylan yang pernah dilelang. Tahun 2013 lalu, gitar merek Fender Stratocaster yang pernah digunakan Dylan saat manggung di Newport Folk Festival pada 1965, terjual nyaris U$ 1 juta, pada acara amal di New York.

Gitar itu dimiliki oleh sebuah keluarga dari New Jersey. Mereka menyimpan gitar itu selama 50 tahun, setelah Dylan meninggalkan gitar itu di pesawat pribadi nya.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Nur Hidayat 

 

Fahrio Rizaldi A.
26-10-2017 17:57