Main Menu

Guru Besar UIN Jakarta, Azyumardi Azra, Terima Penghargaan dari Jepang

Fahrio Rizaldi A.
08-11-2017 08:47

Dr Azra dan istri bersiap menerima penghargaan dari pemerintah Jepang (GATRA/dok)

Jakarta, Gatra.com - Guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Azyumardi Azra menerima penghargaan dari pemerintah Jepang. Selasa (7/11), Azra menerima The Order of the Rising Sun: Gold and Silver Star, sebuah penghargaan tertinggi yang diberikan pemerintah Jepang kepada tokoh non Jepang. Penghargaan ini disematkan langsung oleh Kaisar Akihito kepada Azra, di Istana Imperial Tokyo. 

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe yang menyampaikan keputusan pemberian sertifikat dan penghargaan mengatakan, Azra telah memberikan kontribusi penting dalam meningkatkan pertukaran akademis antara Jepang, dan Indonesia.

Saat menjabat sebagai Rektor UIN Jakarta pada periode tahun 1998 sampai 2006, menjadi inisiator program Japan-Indonesia Friendship Memorial untuk pembangunan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Syarif Hidayatullah pada tahun 2003 sampai 2006. 

Tak hanya itu, Azra juga menginisiasi program kunjungan kiyai muda pimpinan pesantren ke Jepang, selama dua pekan yang sudah terselenggara sejak 2004 sampai sekarang.

Akademisi yang pernah menjabat sebagai Deputi Kesra di Sekretariat Wakil Presiden RI periode 2007 sampai 2009 tersebut kini menduduki jabatan sebagai Staf Khusus Wapres RI Bidang Reformasi Birokrasi.

Azra juga sering menjadi narasumber di berbagai konferensi dan dialog yang disponsori Sasakawa Peace Foundation Tokyo. Dia ditunjuk menjadi narasumber bidang perdamaian dan demokrasi, karena pengalamannya di berbagai kota di dunia, yaitu Amman, Doha (Qatar), Kuala Lumpur (Malaysia), Brussel (Jerman), dan tentunya Jakarta (Indonesia).


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Nur Hidayat

Fahrio Rizaldi A.
08-11-2017 08:47