Main Menu

Liburan Sambil Berbisnis Ala Inul Daratista

Fahrio Rizaldi A.
09-11-2017 20:35

Inul Daratista (youtube/yus4)

Jakarta, Gatra.com - Di luar profesinya sebagai musisi dangdut, Inul Daratista dikenal sebagai pengusaha sukses. Kerajaan bisnis Inul mulai tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari usaha karaoke sampai usaha fesyen. Belum lama ini, Inul bertandang ke Korea Selatan (Korsel). Selain menikmati masa liburan, Inul juga mencari referensi bisnis di negeri ginseng tersebut. 

"Ya nyenengin anak di sana. Kebetulan kan aku ada usaha di sana. Sekalian mencari ide brilian untuk usahaku," ujar Inul belum lama ini di kawasan Gunawarman, Jakarta Selatan. Korea Selatan, kata Inul banyak memberinya ide bisnis. Inul menyempatkan berkeliling tempat-tempat bersejarah dan iconic di Korsel. "Banyak tempat yang aku datangi, seperti ke lokasi syuting nya (film drama) Winter Sonata," ungkapnya (9/11). 

Melebarkan Sayap ke Luar Negeri

Inul memilih bidang fesyen untuk berbisnis di Korsel. Menurutnya, negara yang terkenal lewat pengaruh budaya K-Pop nya itu memiliki pasar yang besar.

"Di sana (masyarakatnya) fashionable. Banyak musim di sana, winter (salju), semi. Aku juga banyak partner di sana. Aku juga (menjajaki) bisnis kecantikan," jelas pemilik goyang ngebor itu. Liburan, kata Inul, bisa dinikmati sambil mengembangkan ide untuk pekerjaan. "Aku sih setengah menikmati (liburan) dan setengah kerja," jelasnya.

Menjaring Relasi Antar Negara

Mengingat Korea Selatan memiliki perkembangan fesyen yang pesat. Inul juga mencoba mencari thau tentang bidang kecantikan di sana. Inul mengamati besarnya peluang produk kecantikan berkembang di Korsel. "Tempat operasi (plastik) di mana-mana. Aku lihat banyak wanita yang pakai masker (habis operasi), yang cuek saja," ungkap Inul. 

Maka dari itu, Inul mencari rekan bisnis di Korsel. "Aku sempat menyambangi teman yang sedang sakit di rumah sakit besar di sana. Kami mengobrol (tentang bisnis), akhirnya terus saja (mengembangkan bisnis)," tandasnya.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Nur Hidayat

Fahrio Rizaldi A.
09-11-2017 20:35