Main Menu

Sebelum Meninggal, Laila Sari Siapkan Kain Kafan

Fahrio Rizaldi A.
21-11-2017 19:19

Kerabat berdoa di pusaran makam Penyanyi Laila Sari di TPU Karet Bivak, Jakarta, Selasa (21/11). (ANTARA/Muhammad Adimaja/FT02)

Jakarta, Gatracom - Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air. Artis senior Laila Sari meninggal dunia, Senin (20/11) malam kemarin.


Laila menghembuskan nafas terakhirnya di usia 82 tahun. Nenek yang terkenal lewat penampilan ala rocker itu disemayamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta.
 
Meredup di Hari Tua
Hari tuanya Laila memang menyedihkan. Di usianya yang senja, wanita yang lahir di Padang Panjang, 4 November 1935, ini jarang tampil di depan umum, dan tidak mendapatkan tawaran main.


Itulah kehidupan di dunia entertainment Tanah Air. Sempat merasakan indahnya menjadi artis terkenal, namun sebaliknya di usia uzur tidak ada tawaran job.

Laila Sari sempat merasakan gemerlap dunia hiburan sejak era 1950-an. Semasa hidup, Laila tinggal di kawasan Tangkiwood, Jakarta Barat.

Dahulu, Tangkiwood dikenal sebagai kampungnya para artis Jakarta. Kampung itu dibangun tak jauh dari Taman Hiburan Rakyat (THR) Lokasari. Di masa jayanya, kampung ini dikenal sebagai penghasil artis dan figuran.

Namun, kehidupan Laila Sari di hari tuanya terbilang jauh dari kemewahan. Tak seperti dulu, sang nenek mulai jarang menerima tawaran pekerjaan. Hal ini diungkapkan Dewi, keponakan Laila saat ditemui awak media di rumah duka.

"Mata pencahariannya ya kalau ada job (bintang tamu, atau peran di film dan sinetron)," ujar Dewi.

Tak jarang, karena sepinya tawaran pekerjaan, Laila harus meminjam uang kepada keponakannya. "Kadang bilang, 'Dew (Dewi), nenek nggak punya duit nih, mau minjem'. Kalau nggak ada job memang sering pinjam uang," jelas Dewi.
 
Firasat Kepergian
Seakan sudah mengetahui bahwa umurnya tak lama lagi, Laila Sari menunjukkan gelagat yang tak biasa. Anak angkat Laila, Mayasari mengungkapkan Laila telah menyiapkan kain kafan sejak dua bulan yang lalu.

"Kemarin, sekitar dua bulan lalu, dia bilang, 'nanti kalau mama meninggal, nih mama sudah sediakan kain kafan. Mama nggak mau nyusahin, kamu nggak usah beli lagi'," jelas Mayasari menirukan pesan sang ibunda.

Mendengar perkataan sang bunda, Mayasari pun sempat menegur Laila. "Ngapain kok ngomong begitu? Dia bilang 'iya sudah disediakan (kain kafan) tiga bulan yang lalu," terang Mayasari.

Beberapa jam sebelum meninggal, kata Mayasari, Laila mengalami sesak nafas. Laila tertatih keluar dari kamar mandi karena nafasnya tersengal sejak sekitar pukul 18.00 WIB. Artis berusia 82 tahun itu pun akhirnya berpulang sekitar pukul 20.00 WIB.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Arief Prasetyo

Fahrio Rizaldi A.
21-11-2017 19:19