Main Menu

Meghan Markle Dibaptis dengan Air Suci Sungai Yordan dalam Upacara Rahasia di Chapel Royal

Rohmat Haryadi
08-03-2018 11:32

Justin Welby, Markle dan Harry (Reuters/AFP)

London, Gatra.com -- Meghan Markle dibaptis dalam sebuah upacara yang dijaga ketat dimana hanya beberapa pembantu kerajaan yang hadir. Markle dibaptis dalam Gereja Inggris dalam sebuah upacara rahasia bersama Pangeran Harry di sisinya. Layanan 45 menit yang khusyuk dilakukan Uskup Agung Canterbury di Chapel Royal pada Selasa malam.


Mereka yang hadir Pangeran Charles dan Duchess of Cornwall, namun Pangeran William maupun Ratu tidak hadir. Pembaptisan Markle secara formal mengenalkannya ke dalam iman Anglikan menjelang pernikahannya dengan Harry dua bulan mendatang. Ini menandai sebuah langkah penting dalam transformasi dirinya dari aktris Amerika yang bercerai menjadi cucu perempuan mertua  sang Ratu.

Markle, 36 tahun, meminta Uskup Agung berusia 62 tahun, Justin Welby, untuk memimpin acara tersebut setelah membentuk ikatan erat dengannya dalam beberapa pekan terakhir, saat dia menginstruksikannya pada upacara dan sakramen gereja. Pembaptisannya segera diikuti dengan konfirmasi dirinya, yang berarti dia bisa bergabung dengan Harry, 33 tahun, pada Perjamuan Kudus.

Markle tidak perlu menjadi seorang Anglikan untuk menikahi Harry di gereja, namun pada saat pertunangan mereka November lalu dia menjelaskan bahwa dia telah memilih untuk dibaptiskan dan memastikan untuk menghormati Ratu sebagai kepala gereja di Inggris.

Chapel Royal adalah tempat tubuh Putri Diana berbaring selama seminggu sebelum pemakamannya pada 1997, dan di mana Raja Charles menerima Sakramen Kudus sebelum eksekusi pada 1649.

Orang dalam mengatakan bahwa pantaslah bahwa Pangeran Wales, yang akan menjadi kepala gereja berikutnya, menghadiri kebaktian tersebut. Markle dan Harry akan menikah pada 19 Mei di Kapel St George di Kastil Windsor. Layanan pernikahan akan dilakukan oleh Dekan Windsor, David Connor, bersama Uskup Agung yang memimpin saat pasangan tersebut membuat sumpah mereka.

Layanan Selasa menggunakan  air suci dari Sungai Yordan yang dituangkan ke kepala Markle. Di antara mereka yang membantu layanan ini adalah Crown Jeweler Mark Appleby, yang membawa piranti perak yang digunakan untuk pembaptisan Keluarga Kerajaan. Tidak terkonfirmasi ibu Markle, Doria Ragland, atau ayahnya, Thomas Markle, yang telah bercerai, berangkat dari Amerika untuk menghadiri acara itu.

Namun, ada 18 tamusetelah upacara tersebut berjalan ke Clarence House, tempat Charles dan Camilla menjadi tuan rumah makan malam. Ayah Markle, seorang pensiunan sutradara Hollywood, adalah seorang Episcopalian - cabang utama Gereja Anglikan Amerika - sementara ibunya berasal dari denominasi Protestan lainnya.

Setelah orangtuanya berpisah, Markle menghadiri sekolah tinggi wanita Katolik Roma Immaculate Heart di Los Angeles, meskipun dia bukan orang Katolik. Suaminya yang pertama Trevor Engelson adalah orang Yahudi tapi dia tidak masuk ke dalam imannya. Pasangan ini bertemu pada tahun 2004 dan menikah pada 2011, namun sudah bercerai dua tahun lalu.

Gereja Inggris melakukan pembaptisan 111.500 orang tahun lalu, dimana 9 persen  berusia di atas 13. Bimbingan dari satu catatan gereja: "Jika Anda orang dewasa dan ingin dibaptiskan, Anda harus mengikuti kursus persiapan yang disebut katekese. Ini berlangsung selama beberapa bulan untuk memberi Anda landasan pengetahuan pengetahuan tentang iman Kristen."


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
08-03-2018 11:32