Main Menu

Duet Usaha Kuliner Anak Presiden

Hendri Firzani
11-03-2018 20:01

Gibran Rakabuming (kiri) dan Kaesang Pangarep (kanan) menunjukan produk kuliner varian terbaru mereka (Antara/Galih Pradipta/yus4)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com - Sosok Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep kini menjadi contoh pengusaha milenial yang sukses. Kedua anak Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ini memiliki usaha di bidang kuliner yang laris di pasaran. Gibran sebagai putra sulung yang sekaligus owner dari Martabak Kota Barat (Markobar) menularkan ide bisnisnya kepada adik bungsunya itu.

Kini Kaesang mengikuti langkah kakaknya dengan menciptakan usaha kuliner nugget pisang yang dikenal dengan nama 'Sang Pisang'. Dalam acara Fun Opening di Gerai Markobar, Cikini, Jakarta Pusat (11/03), kedua kakak adik ini melakukan "battle kuliner". "Battle kuliner" yang dimaksud yakni Gibran dan Kaesang akan memperkenalkan varian rasa dari usaha kuliner mereka masing-masing.

Acara berlangsung riuh, di depan awak media dua saudara kandung ini melontarkan candaan yang memecah gelak tawa. Terlebih ketika ditanya tentang "battle kuliner" dengan sigap Kaesang menjawab dengan nada meledek Gibran. "Saya itu terinspirasi dengan Markobar. Makanya, saya bikin pisang goreng. Saya pun berniat untuk ngalahin Markobar," ujar Kaesang sambil melirik ke arah Gibran.

Kaesang dengan gaya bicara "slengean" langsung memperkenalkan produknya. Ia mengatakan bila sebelumnya Sang Pisang memiliki 20 varian rasa dan topping. Saat ini Sang Pisang menyediakan rasa baru yakni Sang Choconuts. Sauce rasa Cokelat Kacang yang dibalur dengan nikmatnya krispi pisang nugget. Selain itu Markobar pun tak mau ketinggalan. Gibran turut melaunching produk andalan teranyar yaitu martabak dengan topping sticky pokki berbagai rasa.

Ayah dari Jan Ethes ini mengaku menjadi pengusaha muda merupakan warisan dan jejak sang ayah yang diikutinya. Ketika harus memilih menjadi entrepreneur atau menjadi politisi, ia lebih memilih menjadi pengusaha. "Saya ndak tertarik menjadi politisi. Ingin menjadi pengusaha saja. Meski uangnya lebih banyak politikus kalau korupsi," ucap Gibran.

Gibran dan Kaesang menjalankan bisnisnya dengan memiliki visi dan misi tersendiri. Dari bisnis yang dijalankan, Kakak beradik ini memberikan peluang usaha khususnya bagi kalangan milenial yang ingin menjajal usaha dibidang kuliner. " Markobar dan Sang Pisang membuka peluang kepada anak muda yang ingin berwirausaha dengan menjadi mitra ( franchaise). Jadi kalau mau bergabung silakan," tutur Gibran.

Ke depannya Markobar dan Sang Pisang akan melebarkan sayap dengan membuka cabang-cabang di Indonesia. Seperti diketahui sejak tahun 2015, Gibran memulai bisnis ini dari kota kelahirannya Solo, Jawa Tengah. Usaha yang dirintisnya berkembang pesat bahkan kini telah memiliki 33 cabang yang tersebar diseluruh Indonesia.

Adapun adiknya, Kaesang Pangarep yang sedang berfokus pada bisnis barunya ini sudah memiliki 10 cabang."Target sih ada. untuk Sang Pisang semoga bisa menjual 10 ribu box dan bisa bergabung 1 outlet dengan Markobar seperti sekarang ini. Lumayan bisa hemat pembelian peralatan dan perlengkapan," kata Kaesang sembari tertawa. 


Reporter: RAS

Editor: Bernadetta Febriana

Hendri Firzani
11-03-2018 20:01