Main Menu

Tito Karnavian dan Uji Informasi

Mukhlison Sri Widodo
12-03-2018 14:56

Kapolri Jenderal Tito Karnavian pada acara Dialog nasional ‘Indonesia Maju’ di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Minggu (11/3). (GATRA/Arif Koes/FT02)

Yogyakarta, Gatra.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian punya cara unik dalam menguji  kebenaran informasi dari anak buahnya. 

Hal ini terjadi sewaktu acara diskusi di Yogyakarta. Dan kali ini korbannya tak lain, Kapolda Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta. 

Kapolri hadir bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar dalam dialog nasional ‘Indonesia Maju’ di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Minggu (11/3).

Dipandu pakar komunikasi politik Effendi Gazali, saat sesi tanya jawab Kapolri mengundang mahasiswi UMY untuk maju, yakni Aisyah, mahasiswi Fakultas Hukum angkatan 2017 asal Bengkulu.

“Saya sengaja memilih mahasiswa karena Kapolda DI Yogyakarta Brigjen Ahmad Dofiri bercerita kepada saya tadi malam bahwa dia sering diundang di berbagai kampus untuk kuliah umum,” kata Kapolri.

Karena Kapolda mengaku dikenal oleh banyak mahasiswa di Kota Pelajar ini, Kapolri lantas meminta Aisyah naik ke panggung dan menunjuk siapa Kapolda DI Yogyakarta.

Namun Aisyah terang-terangan mengaku tidak tahu Kapolda DI Yogyakarta. 

“Wah, ini berarti apa yang diceritakan ke saya tadi malam tidak benar. Jika di ujian ini lolos, saya berharap bisa mempromosikan Kapolda. Jika kondisinya seperti ini, maka promosi tergantung Gubernur DI Yogyakarta,” ujar Kapolri disambut tawa hadirin. 

Kapolri kemudian berinisiatif meminta Aisyah untuk berkenalan dengan enam pejabat di deretan terdepan hadirin agar tahu siapa yang menjabat Kapolda DI Yogyakarta.  

Aisyah pun harus menyalami satu persatu para pembicara diskusi tersebut.

“Kapolda DI Yogyakarta Bapak Ahmad Dofiri. Saya tadi kenalan dan sesuai permintaan saya bawa naik ke panggung,” kata Aisyah saat ditanya Kapolri usai kenalan itu.

Karena Aisyah dinilai bisa menjawab secara benar, Kapolri pun memberikan hadiah handphone.

Usai acara, Ahmad Dofiri hanya memberi senyum saat ditanya apa yang terjadi di atas panggung dan ucapan Tito Karnavian.

“Itu tadi bukan apa-apa,” jawab Kapolda cepat sambil menyusul Kapolri.


Reporter : Arif Koes

Editor : Mukhlison

Mukhlison Sri Widodo
12-03-2018 14:56