Main Menu

Mengapa Ratu Harus Merestui Pernikahan Pangeran Henry dengan Rachel?

Rohmat Haryadi
16-03-2018 14:39

Ratu Elizabeth (REUTERS/Kirsty Wigglesworth/FT02)

London, Gatra.com -- Ratu Inggris Elizabeth menggunakan nama asli Harry dan Meghan Markle saat memberikan persetujuan formal untuk pernikahan mereka. Persetujuan itu lewat sebuah surat kepada Dewan Penasihat. Ratu menyatakan persetujuannya untuk pernikahan yang akan datang. Enam orang pertama di garis suksesi harus mendapatkan persetujuan Ratu atau Raja. Jika mereka menikah tanpa persetujuan, maka kehilangan hak untuk naik ke takhta. Demikian dikutip dari Dailymail.


Ratu telah memberikan persetujuan formal untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle - menggunakan nama asli mereka, Henry dan Rachel. Dalam sebuah surat kepada Dewan Penasihat, sang Ratu menyatakan persetujuannya untuk pernikahan yang akan datang antara 'cucu yang paling dicintainya' dan tunangannya yang berusia 36 tahun. Surat serupa ditandatangani Ratu hanya satu minggu sebelum pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton 2011.

Surat persetujuan itu berbunyi: "Saya menyatakan Persetujuan Saya untuk sebuah Kontrak Perkawinan antara Cucu yang Terkasih, Pangeran Henry Charles Albert David dari Wales, dan Rachel Meghan Markle, yang persetujuan saya menyebabkan ditandai di bawah The Great Seal untuk  dimasukkan ke dalam Buku dari Dewan Penasihat."

Enam orang pertama di garis suksesi harus mendapat persetujuan Ratu sebelum mereka bisa menikah pada 19 Mei, seperti yang ditetapkan Succession to the Crown Act 2013. Jika Pangeran Harry menikahi Meghan tanpa persetujuan Ratu, dia dan keturunannya akan dilarang naik takhta. Pangeran Harry berada di urutan kelima di belakang Putri Charlotte.

Izin seorang Ratu dibutuhkan untuk orang-orang yang berada di garis suksesi sejak abad ke-18. Di bawah Royal Marriages Act 1772, semua keturunan George II harus mendapatkan persetujuan berdaulat sebelum mereka menikah, jika tidak, pernikahan tersebut tidak sah.

Juru bicara Istana Buckingham mengatakan: "Ratu akhirnya memberikan persetujuan atas pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle di bawah Succession to the Crown Act dengan membuat sebuah deklarasi pada pertemuan Dewan Penasihat pada 14 Maret 2018."


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
16-03-2018 14:39