Main Menu

Probosutedjo Disemayamkan di Rumah Duka

Rosyid
26-03-2018 12:16

Almarhum Probosutedjo semasa hidup. (Dok. Gatra/Ivan N.P./FT02)

Jakarta, Gatra.com - Jenazah Probosutedjo saat ini disemayamkan di rumah duka di Jakarta di Jl. Diponegoro no. 20. Selanjutnya akan dibawa ke Yogyakarta pukul 15.30 WIB untuk dimakamkan di sana.



Adik mendiang Presiden RI kedua Soeharto, Probosutedjo dikabarkan meninggal dunia di usia ke-87 tahun, Senin pagi hari ini.

"Iya betul meninggal di RSCM, jam 7.05 WIB pagi tadi, informasi dari ibu Titiek," ujar staf pribadi Siti Hediati Harijadi (Titiek Soeharto), Dina dihubungi Antara, di Jakarta, Senin (26/3).

"Rumah duka Yogyakarta di Museum Pak Harto, Kemusuk - Argomulyo, Bantul. Akan dimakamkan di Pemakaman Gedong, Kemusuk, Bantul Yogyakarta," ujar Dina.

Probosutedjo lahir di Kesumuk, Argomulyo, Sedayu, Bantul Yogyakarta pada 1 Mei 1930. Probo merupakan adik satu ibu dengan mendiang Presiden Soeharto. Almarhum merupakan pengusaha sukses dengan bendera Hutan Buana. Ia pemilik dari Universitas Mercu Buana dan salahsatu Pendiri Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia.

Dalam perjalannan hidupnya dia pernah tersandung kasus hukum atas kasus dana reboisasi hutan tanaman industri (HTI) senilai Rp.100,931 miliar. Pada April 2003, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menjatuhkan hukuman 4 tahun penjara kepada Probosutedjo. Pengadilan banding mengurangi masa hukumanya menjadi dua tahun. Probosutedjo lalu mengajukan kasasi pada Juni 2004 dan hingga kini putusan kasasi tersebut belum keluar.

 

Editor: Rosyid

Rosyid
26-03-2018 12:16