Main Menu

Atjong Tio dan Makanan Porsi Jumbo

Sandika Prihatnala
05-05-2018 07:39

Atlet Atjong Tio Purwanto. (Dok.IG/@atjong_tio_2112/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Cepat beradaptasi terhadap lingkungan merupakan keharusan bagi seorang atlet nasional. Apalagi, ketika mengikuti berbagai perlombaan di luar negeri. 

 

''Biasanya cuma di kawasan Asia. Kondisinya tak jauh beda dari Indonesia. Nah, ini sekalinya ke luar Asia, langsung ke Amerika Serikat,'' ujar Atjong Tio, atlet nasional peraih medali emas SEA Games 2017. 

Bisa dibayangkan, betapa banyak hal yang harus dilakukan untuk beradaptasi. Salah satunya, Atjong mengaku harus membiasakan diri dengan makanan di Negeri Paman Sam. Sebagai 'wong ndeso', Atjong tak bisa dengan mudah melahap makanan ala western tersebut. ''Lidahnya lidah Indonesia, tak cocok dengan rasa makanan Amerika,'' tutur Atjong kepada Hendri Firzani dari GATRA.

Atjong Tio bersama 11 atlet nasional lain, yang dipersiapkan ke Asian Games 2018, berkesempatan menjalani training camp selama sebulan di Wesmont College Athletics, di Santa Barbara, California, Amerika Serikat, sejak awal april 2018. Semula, pria kelahiran Malang, 17 Oktober 1991, ini mengaku tak bisa memakan hidangan yang disajikan. Selain rasanya tak enak, porsinya serba jumbo alias untuk konsumsi warga AS. ''Jadi kangen banget tahu tempe, sama sambel,'' kata Atjong sewaktu lihat makanan itu,

Meski begitu, setelah mampu beradaptasi, pria yang sehari-hari berdinas sebagai anggota TNI AD berpangkat sersan satu itu mengakui bahwa makanan yang dikonsumsinya selama di AS sangat baik untuk menunjang tubuhnya sebagai atlet. 

Tulisan lebih lengkap bisa dibaca di Majalah Gatra Edisi 27/XXIV yang terbit pada Kamis (3/5) 2018.


Editor : Sandika Prihatnala

Sandika Prihatnala
05-05-2018 07:39