Main Menu

Alan Bean Sang Penginjak Kaki di Bulan Tutup Usia

Birny Birdieni
27-05-2018 10:51

Astronot Alan Bean. (REUTERS/FT02)

Artikel Terkait

Houston, Gatra.com- Berita duka Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA), Astronot Amerika serikat, Alan Bean yang berjalan di bulan pada misi Apollo 12, pendaratan NASA di bulan kedua pada tahun 1969 meninggal pada Sabtu (26/5) waktu setempat di Rumah Sakit Houston Methodist.

 

Sebelum meninggal, Alan sempat sakit selama dua pekan ketika melakukan perjalanan ke Fort Wayne, Indiana. "Alan merupakan pria yang kuat dan paling baik yang saya kenal. Dia cinta dalam hidup saya dan saya merindukannya," ungkap sang istri, Leslie Bean seperti dikutip dari Reuters, Minggu (27/5).

Mantan pilot Angkatan Laut berusia 86 tahun itu menjadi salah satu dari 12 orang yang pernah menginjakkan kaki di bulan. Dengan meninggalkan jejak kakinya di Ocean of Storms di November 1969, ia menjadi orang keempat yang berjalan di bulan.

Alan juga sempat menjadi Komandan krew di Skylab, Stasiun Luar Angkasa pada 1973. Hingga akhirnya dia melepaskan karirnya untuk menjadi pelukis. Bersama dengan Owen Garriot dan Jack Lousma, ia menghabiskan waktu 59 hari di orbit Bumi terendah.

Dalam dunia astronot, Alan memiliki peran kunci dalam menyiapkan masa depan astronot. Melayani peran itu hingga akhirnya penerbangan pertama dari pesawat ulang-alik pada 1981.

Tidak hanya itu, Alan juga sempat bekerja dengan aktris Star Trek Michelle Nichols dalam upaya pencarian calon astronot prospektif.


 

Editor : Birny Birdieni 

 

Birny Birdieni
27-05-2018 10:51