Main Menu

RIP Steve Ditko : Mengenal Sang Kreator Spiderman

Birny Birdieni
07-07-2018 11:43

Steve Ditko (dograt.com/yus4)

Artikel Terkait

Manhattan, Gatra.com- Dunia komik kembali berduka dengan kabar berita meninggalnya  seniman Marvel Comics, Steve Ditko. Pria berusia 90 tahun itu merupakan sosok pencipta karakter Spiderman dan Doctors Strange.

Dilansir dari ABC disebutkan bahwa Ditko ditemukan meninggal di apartemennya Manhattan pada 29 Juni lalu. Polisi menyatakan bahwa dia meninggal di tempat kejadian. Namun tidak ada info detil lebih lanjut dari hal tersebut.

Debut Ditko dimulai pada tahun 1962 ketika memperkenalkan sosok Peter Parker dan alter-ego Spiderman ke dunia bersama penulis Stan Lee dalam edisi Amazing Fantasy. Setahun kemudian ia memperkenalkan tokoh ahli bedah yang berubah menjadi superhero metafisis Doctor Strange.

Tokoh Spiderman menjadi karakter penting di jagad Marvel dan Doctor Strange ada anggota dari jajaran permanennya. Petualangan keduanya menjadi film blockbuster bahkan berperan penting dalam Avengers terbaru : Infinity War.

Enam film Spiderman yang dirilis medio 2002 hingga 2017 pun telah meraup pendapatan lebih dari US$2,51 milyar di box office.

Ditko meninggalkan Marvel pada tahun 1966 dan kembali tahun 1978. Kreasi pria kelahiran Johstown Pennsylvania 1927 itu selanjutnya adalah Squirrel Girl yang setelah debutnya di 1992 menjadi kultus favorit bagi para penggemar komik.

Bagi para seniman komik, Ditko memiliki peran banyak dalam memberikan pengaruh. "Dia menciptakan Spiderman sama pentingnya dengan Doyle menciptakan Sherlock Holmes atau Fleming menciptakan James Bond. Spiderman mungkin bertahan lebih lama dari keduanya," ungkap seniman buku komik DC Comics untuk Batman dan Spiderman.

Edgar Wright yang menyutradarai dan turut menulis Shaun of the Dead dan Hot Fuzz juga memberikan penghargaan pada Ditko di Twitter. "RIP untuk legenda buku komik Steve Ditko, diluar pengaruh keberadaab pesawat yang tak terhitung," pungkasnya


Editor : Birny Birdieni

Birny Birdieni
07-07-2018 11:43