Main Menu

Cerita Guyonan Natal Gus Dur kepada Rocky Gerung

Abdul Rozak
29-08-2018 15:07

Rocky Gerung (Dok. IG/@rocky.gerung/FT02)

Jakarta, Gatra.com- Dosen Filsafat Universitas Indonesia dan pengamat politik Indonesia Rocky Gerung memiliki hubungan baik dengan Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Keduanya berteman sudah sejak lama tanpa terekspos ke publik.

 

Saat Natal, Gus Dur tidak pernah lupa mengucapkan selamat kepada Rocky. Saking akrabnya hubungan mereka, Natal pun menjadi guyonan dua tokoh ini.

"Saya dengan Gus Dur itu dekat. Waktu Natal ditelepon Gus Dur ngucapin, "Bung Rocky selamat Natal'," cerita Rocky dalam diskusi Pemilu dan Ancaman Retaknya Kerukunan Sosial dari PolMark Research Center (PRC) di kawasan Cut Mutia, Jakarta Pusat, Rabu (29/8).

Rocky pun menjawab dengan bercanda. "Gus saya itu beragama tidak serius, dan Gus Dur balik menjawab 'emang saya itu ngucapin selamat Natal buat bung Rocky enggak serius," tutur Rocky disambut gelak tawa peserta diskusi.

Rocky bercerita hubungan pertemanan dengan Gus Dur untuk menggambarkan indahnya perbedaan di Indonesia. Rocky membayangkan jika guyonan soal Natal dengan Gus Dur diucapkan saat ini akan dicap sebagai penistaan terhadap agama. "Saya tidak bisa bayangkan kalau itu terjadi sekarang, dicap penistaan agama," tutup Rocky.


Reporter : Abdul Rozak

Editor : Birny Birdieni

Abdul Rozak
29-08-2018 15:07