Main Menu

Ronny Sianturi dan Kesehatan Ibu Anak

Mukhlison S Widodo
24-09-2018 23:18

Ronny Sianturi, sebelah kanan (GATRA/Abdul Hady/jh)

Surabaya, Gatra.com – Lama tak tampil di depan publik, penyanyi era 1980-an-1990-an, Ronny Sianturi (53 tahun), ternyata memiliki aktivitas baru, sehinhgga membuat kegiatan personil Trio Libels ini semakin padat. Ronnie kini lebih banyak difokuskan pada sosial. Meski ia juga tak meninggalkan kegiatan menyanyi.

 

“Cuma lagi interest dengan program kesehatan Ibu dan Anak. Kayaknya lebih membuat kita merasa untuk terjun lebih dekat," ujarnya di sebuah Cafe kawasan Tugu Pahlawan, Surabaya, Senin (24/9) sore.

Di sela kegiatan sosial yang dijalaninya, salah satu yang sedang ia kerjakan adalah mengampanyekan program Posyandu. Penyanyi yang juga dikenal sebagai presenter sebuah talkshow kuis Piramida ini menuturkan, bahwa program Posyandu sebagai pelayanan kesehatan di tingkat masyarakat menjadi penting.

Terutama dalam pemantauan gizi, imunisasi, dan penanganan kesehatan terhadap balita. "Tidak hanya itu. Si ibu juga bisa mendapatkan informasi dari dokter maupun kader Posyandu," ujarnya.

Ronny yang saat ini mencalonkan diri sebagai Caleg dari PDI Perjuangan Dapil Blitar, Tulung Agung dan Kediri (Dapil-VI) ini pun lebih banyak mencari informasi maupun berkunjung ke daerah-daerah yang memiliki program penanganan kesehatan Ibu dan Balita. Salah satunya di Jawa Timur.

Di Jatim sendiri, menurut dia, banyak memiliki fasilitas kesehatan. Yakni, sebanyak 369 rumah sakit, 964 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), 2.268 Puskesmas Pembantu (Pustu), 3.213 Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes), dan 3.900 Pondok Bersalin Desa (Polindes).

Dengan fasilitas tersebut, tentu lebih membantu dalam menggerakkan kader-kader peduli kesehatan di masyarakat. Sehingga angka kematian Ibu dan Balita bisa ditangani sejak dini. “Termasuk pemantauan gizi dan imunisasi yang tercukupi," pungkasnya.


Reporter: Abdul Hady JM
Editor: Mukhlison 

Mukhlison S Widodo
24-09-2018 23:18