Main Menu

"Surat dari Praha" ke Hollywood

Fahrio Rizaldi A.
26-09-2016 15:22

Jakarta, GATRAnews - Kabar baik datang dari industri perfilman Indonesia. Tahun 2017, film buatan anak bangsa akan dilibatkan dalam ajang Academy Awards ke-89. Film Surat dari Praha menjadi delegasi Indonesia di ajang internasionak tersebut. Film arahan sutradara Angga Dwimas Sasongko itu dimasukkan dalam daftar seleksi film berbahasa asing.

Film ini dipilih oleh Persatuan Perusahaan Film Indonesia, yang dilakukan melalui seleksi dari 13 orang profesional di bidang perfilman. "Ini adalah buah dari kerja keras dan kepercayaan seluruh elemen yang terlibat," ujar Angga, melalui keterangan tertulis yang diterima GATRAnews, Senin (26/9).

Sebelumnya, Surat dari Praha juga mendapatkan penghargaan Usmar Ismail Awards. Film yang dibintangi oleh Julie Estelle ini juga sempat diputar perdana secara internasional di Jepang. "Dipercaya mewakili Indonesia dalam seleksi Academy Awards untuk kategori Foreign Language Film adalah kebanggaan, sekaligus beban. Film bukan hanya komoditas, tapi punya nilai seni yang penting untuk peradaban," terang Angga.

Surat dari Praha terinspirasi dari kisah nyata kehidupan para eksil peristiwa 1965. Para pelajar yang diberangkatkan pemerintah masa Presiden Soekarno untuk studi di luar negeri, terpaksa kehilangan kewarganegaraan dan tidak dapat pulang ke Indonesia. Beberapa di antara mereka terkatung-katung tinggal di luar negeri tanpa status kewarganegaraan.

Selain Julie Estelle, film ini juga dibintangi oleh Tio Pakusadewo, Widyawati, Rio Dewanto, dan Jajang C. Noer.



Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Edward Luhukay

Fahrio Rizaldi A.
26-09-2016 15:22