Main Menu

Cerita Yayan Ruhian Jadi Pengarah Laga di Film Wiro Sableng

Fahrio Rizaldi A.
18-08-2017 15:08

Yayan Ruhian (Dok GATRAnews/Edward Luhukay/AK9)

Jakarta, GATRAnews - Aktor laga Yayan Ruhian terlibat dalam proyek film Wiro Sableng produksi Lifelike Pictures. Yayan didaulat menjadi pengarah laga dalam film bernuansa persilatan tersebut.

Untuk meramu berbagai jurus, Yayan harus menggandeng sejumlah perguruan silat. Antara lain, Perguruan Ciung Wanara, Subang, Perguruan Panglipur Galih di Garut, dan Perguruan Silat Tenaga Dasar (PSTD) Jakarta. PSTD merupakan tempat Yayan berlatih silat, sementara Panglipur Galih adalah perguruan Cecep Arif Rahman, yang juga terlibat sebagai aktor di film Wiro Sableng.

Tak hanya itu, untuk merancang gerakan silat, Yayan berkolaborasi dengan Chan Man Ching, seorang pengarah adegan laga internasional. Mereka akan mendiskusikan bagaimana jurus yang akan ditampilkan dalam film tersebut.

Menurut Yayan, jurus yang dirancang terinspirasi dari kisah asli Wiro Sableng karya Bastian Tito. "Kami tidak berani memunculkan jurus baru karena Wiro Sableng punya jurus yang belum tentu bisa ditampilkan dalam film," ungkap Yayan, di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Yayan berjanji semua jurus yang disajikan berakar pada kekhasan pencak silat Indonesia. "Perguruan (silat) memiliki beberapa aliram. Saat ini saya bawa tiga dulu. Saya harap tiga perguruan itu bisa mewakili apa yang dibutuhkan untuk (film) Wiro Sableng," urai Yayan.

Di film ini, Yayan juga teelibat sebagai pemain. Yayan didaulat menjadi Mahesa Birawa, tokoh antagonis musuh Wiro Sableng. Dalam novel, Mahesa adalah pembunuh orangtua Wiro, sehingga Wiro kecil dirawat oleh Sinto Gendeng, pendekar yang mendidik Wiro menjadi pesilat tangguh.

Film Wiro Sableng merupakan proyek kolaborasi antara Lifelike dan Fox International Productions. Sheila Timothy menjadi produser, sekaligus menulis naskah bersama Tumpal Tampubolon. Kursi sutradara dipercayakan kepada Angga Dwimas Sasongko.


Reporter: Rizaldi Abror

Editor: Nur HIdayat

Fahrio Rizaldi A.
18-08-2017 15:08