Main Menu

Gerbang Neraka Jadi Pengalaman Pertama Bagi Para Aktor Ini Mengenal CGI

Fahrio Rizaldi A.
18-09-2017 21:50

Pemeran Film Gerbang Neraka Julie Estelle (kiri), Reza Rahadian (tengah) dan Dwi Sasono (kanan) berfoto bersama saat menghadiri peluncuran film Gerbang Neraka di Jakarta, Rabu (13/9). (Antara/Muhammad Adimaja/AK9)

Jakarta, GATRAnews - Film terbaru garapan Legacy Pictures, Gerbang Neraka menerapkan teknik Computer Generated Imagery (CGI) untuk menambah kesan dramatis dalam film ini.  Ke tiga aktor utama dalam film ini, Reza Rahadian, Julie Estelle, dan Dwi Sasono mengaku belum mengenal betul teknik ini. Pun begitu, sang sutradara, Rizal Mantovani menilai ke tiga aktor bermain sangat baik saat berhadapan dengan objek buatan yang dihasilkan CGI.  

"Kemampuan mereka bukan sekadar permainan watak dan karakter. Tapi imajinasi mereka bisa sampai ke sana (menyesuaikan CGI)," ungkap Rizal, belum lama ini di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Misalnya saat adegan Dwi Sasono, yang memerankan tokoh Guntur Samudra dihinggapi kalajengking pasir hasil CGI di dalam piramida. "Saat saya di lokasi, yang saya butuhkan adalah harus mengetahui motivasi apa (tokoh bertindak) dan masuk dalam logika saya," jelas Dwi.

Dwi mengaku baru pertama berakting di sekeliling layar hijau untuk film Gerbang Neraka. Dwi mengisyaratkan proses pengambilan gambar dengan metode ini cukup panjang. 

"Pokoknya kami cari sampai benar-benar sudah dapat. Mas Rizal senang, saya nyaman. Kalau mas Rizal senang, saya belum nyaman, saya bilang, boleh nggak sekali lagi (ambil gambar)," terangnya.

Reza yang berperan sebagai jurnalis majalah supranatural juga mengaku pengalaman syuting dalam teknik CGI merupakan yang pertama. "Menbayangkan batu-batu jatuh, melihat sosok menyeramkan. Secara keselurugan proses syuting cukup menyenangkan," jelas Reza.

Film Gerbang Neraka  bercerita tentang petualangan jurnalis (Reza), arkeolog (Julie), dan paranormal (Dwi), dalam membuka tabir misteri sebuah situs piramida tertua yang ditemukan di Indonesia. Setelah tahu bahwa piramida ini adalah semacam penjara untuk iblis jahat, mereka harus bekerja sama untuk mencegah bencana besar terjadi.

Naskah film ini ditulis oleh Robert Ronny, yang sekaligus menjadi produser. Penyutradaraan ditangani oleh Rizal. Faozan Rizal menjadi pengarah fotografi. Vida Sylvia menjadi penata artistik. Efek visual CGI dikerjakakan oleh Orange Room. Gerbang Neraka dijadwalkan tayang di bioskop mulai Rabu 20 September mendatang.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Nur Hidayat

Fahrio Rizaldi A.
18-09-2017 21:50