Main Menu

Tsunami, Film Kolaborasi Sineas Indonesia dan Tiongkok

Fahrio Rizaldi A.
30-11-2017 18:07

Bekraf dan Pelaku Industri Film Tiongkok kunjungi Banyuwangi.(Dok. Bekraf/FT02)

Jakarta, Gatracom - Sineas Indonesia tengah mempersiapkan kerja sama dengan produsen film Tiongkok untuk menggarap film berjudul Tsunami. Kedua sineas itu, rumah produksi Shinework Pictures dari Tiongkok dan Goshen Media Indonesia, telah sepakat untuk segera memproduksi film Tsunami.


Kesepakatan itu tertuang dalam nota kesepahaman yang ditandatangani antara CEO Shinework Pictures, Jonathan Shen dan CEO Goshen Media Indonesia, Allen Jordan pada Ahad (27/11) kemarin. Turut hadir dalam penandatanganan itu Ketua Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Triawan Munaf.
 
Terinspirasi Pidato Xi Jinping
Persiapan produksi film ini memakan waktu lebih dari satu tahun. Kerja sama ini, kata Jonathan Shen, merupakan bentuk konkret dari Rencana Kerjasama Aksi Tiga Tahun di Bidang Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Inovasi antara Tiongkok-Indonesia.


Program yang berlangsung mulai tahun 2018 sampai 2020 itu merupakan hasil dari pertemuan Pejabat Tinggi ketiga, Antar Masyarakat Cina dan Indonesia di Solo, 28 November 2017 lalu.
Jonathan mengungkapkan, film ini terinspirasi dari pidato Presiden Tiongkok, Xi Jinping, saat berkunjung ke Indonesia beberapa tahun yang lalu. Kunjungan itu dilakukan setelah tim relawan Tiongkok turun tangan menolong korban bencana Tsunami di Aceh.


"Saya merasa tersentuh ketika mendengar pidato dari Mr. Xi, yang mengatakan bahwa kita hidup bersama-sama dan sudah menjadi kewajiban kita untuk menolong orang lain yang membutuhkan. Beliau ingin membuat organisasi kemanusiaan, acara amal, dan yang terpenting adalah film ini," ujar Jonathan, dalam keterangan tertulis yang diterima Gatracom, Kamis (30/11).
 
Berlatar Tsunami Aceh
Film ini mengisahkan aksi relawan asing yang ditugaskan di Aceh membantu korban bencana alam Tsunami, 13 tahun yang lalu.


Sejumlah aktor kenamaan Tiongkok tengah dipersiapkan untuk bermain dalam film ini, satu di antaranya aktor laga Jet Li. Aktor yang terkenal lewat perannya sebagai ahli kung fu, Wong Fei Hung itu memiliki pengalaman pribadi terkait bencana Tsunami di Aceh.


Proses pengambilan gambar film Tsunami akan berlangsung di dua negara, dengan beberapa lokasi di Provinsi Aceh sebagai latar utama dari film itu. Tidak hanya di negara Cina dan Indonesia, film ini diharapkan dapat diputar di seluruh negara ASEAN.


Menurut Ketua Bekraf, Triawan Munaf kerja sama ini dapat meningkatkan industri perfilman Indonesia yang sedang bertumbuh.

"Co-Production ini bisa menjadi batu loncatan kita untuk belajar dari negara Cina yang sudah maju di bidang industri perfilman, baik dari segi produksi dan teknologi," jelas Triawan.


Goshen Media sebagai salah satu produser film dari Indonesia dilirik sebagai partner kerja sama atas proyek ini. Alasan dari Shinework Picture menggandeng perusahaan ini dikarenakan Jonathan sudah mengenal Goshen Media sejak lama.


Menurut Jonathan, mereka sangat profesional dan berpengalaman di industri film. Mengingat dalam beberapa tahun terakhir perusahaan itu sudah pernah menjalin kerjasama (co-production) dengan Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat.


Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Arief Prasetyo

Fahrio Rizaldi A.
30-11-2017 18:07