Main Menu

Cate Blanchett terpilih menjadi Ketua Juri Festival Film Cannes 2018

Flora Librayanti BR K
04-01-2018 21:24

Cate Blanchett. (AFP/PATRICK BAZ/AK9)

 

 

- Artis peraih Oscar, Cate Blanchett didapuk menjadi Ketua Juri Festival Film Cannes ke-71 yang akan diselenggarakan pada Mei 2018 mendatang. Penunjukan artis kelahiran Australia itu diumumkan panitia penyelenggara dalam pers rilis yang mereka terbitkan hari ini, Kamis, (4/1/2017).

 

“Saya sudah sering ke Cannes selama bertahun-tahun ini. Baik sebagai aktris, produser, ketika terlibat di marketplace ataupun di sesi kompetisi. Tapi belum pernah saya mendapat kesempatan membahagiakan untuk semata-mata menyaksikan sebanyak-banyaknya film yang tersedia di festival besar ini,” kata Blanchett.

 

Cate Blanchett menggantikan posisi sutradara asal Spanyol, Pedro Almodóvar, yang mengepalai tim juri pada Cannes 2017 silam.

 

 “Saya merasa terhormat atas kesempatan dan tanggung jawab untuk memimpin para juri tahun ini,” lanjut Blanchett.

 

Presiden Festival Cannes, Pierre Lescure dan General Delegate, Thierry Frémaux juga menyatakan kebanggannya atas keterlibatan Blanchett. “ Kami sangat berbahagia untuk menyambut artis yang talenta dan kemampuannya sukses memperkaya layar lebar. Dari dialog yang sudah berlangsung sejak musim gugur lalu, kami yakin ia akan menjadi ketua yang berkomitmen.”

 
Cate Blanchett adalah salah satu artis yang sukses berperan tak hanya di layar lebar tapi juga di panggung. Dia telah terlibat dalam banyak film dan sejumlah produksi teater. Sebut saja trilogi The Lord of the Rings karya Peter Jackson, Benjamin Button besutan David Fincher, Babel yang disutradarai Alejandro González Iñárritu, The Life Aquatic oleh Wes Anderson, dan sebagainya. Belum lagi karya-karyanya bersama Steven Soderbergh, Jim Jarmusch, Steven Spielberg, Terrence Malick, Sally Potter, Ridley Scott, Woody Allen, dan Todd Haynes.


Saat ia tak sibuk di film, komitmen Blanchett pada teater juga tak terbantahkan. Selain memproduseri sejumlah karya bersama sang suami, Andrew Upton, Blanchett juga adalah CEO dan co-Artistic Director di Sydney Theatre Company dari 2008 sampai 2013. Blanchett telah menyabet banyak penghargaan juga atas aksi teaternya ketika di New York, Washington, London, Paris, dan tentu saja Sydney.


 

Editor : Flora L.Y. Barus

 



 

Flora Librayanti BR K
04-01-2018 21:24