Main Menu

Bedanya Golden Globes dan Academy Awards

Flora Librayanti BR K
08-01-2018 14:54

Tempat penyelenggaraan Golden Globe Awards (AFP/yus4)

 

- Golden Globes adalah salah satu acara penghargaan besar-besaran dalam kalender Hollywood yang biasanya berlangsung di awal tahun. Pada 2018 ini, dilaksanakan pada 7 Januari.

 Golden Globes diselenggarakan oleh lembaga non-profit yang terdiri dari jurnalis dan fotografer showbiz, Hollywood Foreign Press Association. Acara ini diselenggarakan pertama kali pada 1943 bagi film maupun serial televisi yang banyak dipuji.

 

 

 

Globes memiliki lebih banyak kategori. Totalnya ada 25 kategori: 14 untuk film dan 11 untuk televisi.

 

 

 

Academy Awards – atau yang lebih dikenal dengan Oscar – biasanya dilaksanakan pada akhir Februari sampai awal Maret. Di 2018 ini nanti akan diselenggarakan pada 4 Maret.

 

 

 

Penghargaan ini diselenggarakan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Suatu organisasi beranggotakan 6000 grup yang terdiri drai para profesional industri film, mulai dari aktor, sutradara, produser, dan sebagainya.

 

 

 

Oscar membagikan 24 kategori penghargaan. Tapi ia hanya fokus pada pencapaian di dunia film saja, tidak termasuk televisi. Kategorinya juga lebih spesifik misalnya skor musik asli, sinematografi, dan lain-lain.

 

 

 

Oscar kerap dianggap lebih bergengsi dibanding Golden Globes karena orang-orang yang memberikan suaranya (voting) adalah para pelaku industri film. Selain itu pemberi voting juga berdasarkan profesi: para sutradara vote untuk Sutradara Terbaik, para aktor vote untuk Aktor dan Artis Terbaik, dan seterusnya. Metode ini dianggap sebagai bentuk penghargaan tinggi bagi rekan seprofesinya.

 

 

 

Apakah Golden Globes punya dampak penting bagi Oscar? Golden Globes biasanya mampu menaikkan profil aktor atau film tertentu di mata para anggota AMPAS, yang kadangkala tidak ngeh akan suatu karya atau seseorang. Selain itu, acara Globes diadakan beberapa hari sebelum pemungutan suara nominasi Oscar ditutup. Selama ini, daftar pemenang Golden Globes berdampak besar pada hasil akhir Academy Awards.


 

 

 

 

Editor : Flora L.Y. Barus

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Flora Librayanti BR K
08-01-2018 14:54