Main Menu

Ada Yang Beda di Oscar 2018, Ini Bocorannya?

Birny Birdieni
04-03-2018 12:15

Sebuah poster Oscar terlihat di luar Dolby Theatre di Hollywood, Los Angeles, California. (REUTERS/Lucy Nicholson/FT02)

Los Angeles, Gatra.com. Ajang bergengsi bagi pegiat industri perfilman, Academy Award atau Piala Oscar kembali digelar pada hari Minggu(4/3) 2018 pukul 17.00 sore waktu setempat. Acara intinya akan dimulai sekitar pukul 20.00 malam atau pukul 11.00 WIB di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat.

Namun, ada yang berbeda dalam perhelatan Piala Oscar ke-90 ini. Penyelenggara Academy Awards, Academy of Motion Picture Arts and Sciences memilih empat aktris untuk menyerahkan dua Oscar bagi pemeran utama pria maupun wanita.


Biasanya, pemenang aktor terbaik di tahun lalu yang akan mengumumkan siapa pemenang aktris terbaik untuk tahun ini. Tetapi, aktor Casey Affleck yang memenangkan penghargaan untuk aktingnya di film ‘Manchester by the Sea’ tahun lalu mengundurkan diri dari tugas ini. Hal ini karena dirinya pernah menhadapi tuntutan terkait pelecehan seksual pada dua kru perempuan saat membintangi film "Im Still There" di tahun 2010. 

Perbedaan kedua pada ajang Academy Award kali ini, adalah beragamnya nama presenter yang dipilih untuk memberikan piala Oscar. Nama-nama tersebut meliputi Tiffany Hadish, Gina Rodriguez, Lin-Manuel Miranda  aktor asal Puerto Riko dan Lupita Nyong’o seorang aktris berkebangsaan Kenya.


Kehadiran Daniela Vega juga menjadi sejarah. Seperti dilansir oleh BBC, ia menjadi aktris transgender pertama yang hadir di acara Academy Awards. Daniela Vega merupakan aktris yang membintangi nominasi film asing terbaik dari Cile, "A Fantastic Woman".


Maraknya gerakan #MeToo yang digagas oleh beberapa artis Hollywood utamanya aktris perempuan dalam melawan pelecehan seksual, bias gender, penyalahgunaan kekuasaan, dan diskriminasi di berbagai bidang juga berpengaruh pada Piala Oscar. Beberapa langkah penting sejalan dengan gerakan tersebut pun terjadi di ajang kali ini.


Rachel Morrison menjadi wanita pertama yang dinominasikan sebagai sinematografer terbaik. Selain itu, Greta Gerwig menjadi wanita kelima yang dinominasikan untuk kategori sutradara terbaik atas debut fim karyanya, Lady Bird.

 

Acara Oscar dapat lewat live streaming ABC go dan aplikasi ABC. Youtube TV, Sling TV, DirecTv, dan Playstation Vue juga akan menayangkannya lewat ABC.

 


Reporter : APP

Editor : Birny Birdieni

 
Birny Birdieni
04-03-2018 12:15