Main Menu

Film Indonesia di Oscar

Flora Librayanti BR K
08-03-2018 05:48

Cuplikan adegan film "Turah". (Dok. SG Trailer ID/via Youtube/FT02)

Jakarta, Gatra.com – Penghargaan film tertinggi di Amerika Serikat, Academy Awards atau disebut juga piala Oscar baru saja berlangsung. Helatan yang diselenggarakan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) tersebut memasuki penyelenggaraan kali ke-90.



Indonesia ternyata selama ini tak ketinggalan untuk terlibat dalam ajang kompetisi elit tersebut.

Sejak 1987, Indonesia sudah cukup rutin mengirim film ke AMPAS. Persatuan Produser Film Indonesia (PPFI) mengirimkan satu film untuk bersaing di katagori Best Foreign Language alias film-film yang dialognya tidak berbahasa Inggris. Sayangnya belum ada satu pun yang lolos.

Suara Indonesia nyaris masuk nominasi Oscar karena film sutradara berdarah Indonesia Livi Zheng, Brush with Danger. Film tersebut berhasil terpilih dalam daftar yang dipertimbangkan untuk meraih nominasi Academy Award 2015 atau Piala Oscar ke-87 untuk kategori Best Picture atau Film Terbaik.

Selain itu, film dokumenter karya Joshua Oppenheimer, Senyap atau The Look of Silence masuk dalam nominasi peraih Piala Oscar untuk kategori film dokumenter panjang tahun edar 2015.

Pada Oscar 2018, Indonesia diwakili oleh Turah milik Wicaksono Winsu Legowo. Film berbahasa Tegal tersebut dipilih PPFI setelah menyeleksi lebih dari 130 lebih film. Alasan penetapan Turah karena dianggap relevan dengan krisis kemanusiaan yang tengah terjadi di dunia.

Selain Turah, berikut sejumlah film Indonesia yang telah diajukan ke Oscar dalam sewindu terakhir, dikutip dari beragam sumber:

1. Alangkah Lucunya (Negeri Ini), Deddy Mizwar, 2010

2. Di Bawah Lindungan Ka’bah, Hanny Saputra, 2011

3. Sang Penari, Ifa Isfansyah, 2012

4. Sang Kiai, Rako Prijanto, 2013

5. Soekarno, Hanung Bramantyo, 2014

6. Surat dari Praha, Angga Dwimas Sasongko, 2016




Editor : Flora L.Y. Barus

Flora Librayanti BR K
08-03-2018 05:48