Main Menu

Artis Senior Helen Mirren Usulkan Pemberian Oscar untuk Stunt

Flora Librayanti BR K
08-04-2018 19:07

Artis senior asal Inggris, Helen Mirren.(Reuters/re1)

London, Gatra.com - Artis senior asal Inggris, Helen Mirren, 72 tahun, menyampaikan harapannya agar para aktor dan artis pemeran pengganti (stunt) masuk dalam kategori penghargaan di Academy Award.

“Harus ada Oscar untuk kategori para stunt ini. Mereka sangat luar biasa dan sangat professional. Mereka juga seniman. Mereka melakukan banyak hal hebat,” ungkapnya dalam wawancara dengan media Inggris, Female First.

Tahun ini menandai setengah abad karir seni Helen Mirren. Wanita yang dianugerahi gelar kebangsawanan Dame tersebut (versi feminin dari gelar “Sir”) memboyong Oscar 2007 sebagai artis terbaik lewat film “The Queen”. Ia juga terlibat dalam sejumlah film action semisal “Red” dan “The Fate of the Furious”.

Koordinator stunt di “The Fate of the Furious”, Jack Gill sebelumnya pernah mengajukan petisi ke Academy Award pada 1991 silam agar kategori stunt masuk dalam Oscar. Sayangnya usaha itu gagal.

Pada 2007, serikat pekerja seni Screen Actors Guild‐American Federation of Television and Radio Artists (SAG-AFTRA) mengumumkan untuk pertama kalinya pemenang kategori stunt dalam film dan serial televisi. Pemenang tahun ini adalah stunt dari film “Wonder Woman” dan “Game of Thrones”.

Sesungguhnya, diantara para aktor dan artis pemeran pengganti, mereka memiliki ajang penghargaan juga. Penghargaan yang paling bergengsi adalah Taurus World Stunt Awards. Menggunakan sistem pemungutan suara, para pemenang diumumkan pada Mei tiap tahunnya.

Seperti dilansir dari IndieWire, stunt bukan satu-satunya kategori yang kerap diabaikan oleh Academy Awards. Kategori lain adalah direktur casting. Untungnya kategori ini akhirnya diakui oleh panitia pada 2013 lalu, setelah sebelumnya proposal mereka ditolak sejak 1996. Meski demikian para direktur casting masih belum diberi piala Oscar.


Editor : Flora L.Y. Barus

 

Flora Librayanti BR K
08-04-2018 19:07