Main Menu

Kado, Juara Film Pendek di Festival Film Venice

Mukhlison Sri Widodo
09-09-2018 12:00

Sutradara Aditya Ahmad dan poster film Kado (Miles Films/Antaranews/re1)

Venice, Gatra.com - Sebuah prestasi global kembali dibesut sineas Indonesia, Aditya Ahmad dengan filmnya berjudul Kado (A Gift). Seperti dikutip dari situs Variety, film Kado memenangkan katergori Film Pendek dalam kompetisi film pendek kategori Orizzonti, The 75th Venice International Film Festival 2018.

 

Selain Aditya, di kategori Orizzonti atau Horison ini, film terbaik disabet Manta Ray karya sineas Thailand Phuttiphong Aroonpheng dan sutradara terbaik diberikan kepada Emir Baigazin untuk film The River.

Film Kado dengan durasi 15 menit dan diproduksi Miles Films ini, menceritakan upaya Isfi yang berencana memberi kejutan menyambut ulang tahun Nita. Untuk dapat menyiapkan kado istimewa di kamar Nita, Isfi harus mengenakan rok panjang dan hijab.

Ide cerita dan persoalan yang ditawarkan Kado menurut Riri Reza, sangat relevan, universal sekaligus sangat lokal. “Aditya Ahmad berhasil dalam bercerita, menjadi karya yang kompleks namun tetap menyentuh,” kata Riri Riza dalam sebuah rilis. 

Sebagai sineas film Pendek, Aditya Ahmad memang sudah punya beberapa prestasi. Namanya dikenal setelah film pendek Sepatu Baru (2014), yang merupakan hasil tugas akhirnya di Institut Kesenian Makassar. 

Film itu mendapat pujian di berbagai festival film dunia termasuk Festival Film bergengsi Berlinale (Berlin International Film Festival) 2014. 

Ia juga meraih penghargaan Special Mention untuk film Sepatu Baru di kategori Generation Kplus. Dalam Festival Film Internasional Singapura 2014, Aditya juga meraih predikat Sutradara Film Pendek Asia Tenggara Terbaik. 


Mukhlison

 

Mukhlison Sri Widodo
09-09-2018 12:00