Main Menu

Penulis Novel Crazy Rich Asians Ungkap Rencana Tak Masuk Akal Hollywood Terhadap Film Tersebut

Flora Librayanti BR K
11-09-2018 17:30

Kevin Kwan.(Reuters/re1)

Los Angeles.com – Drama komedi romantis, Crazy Rich Asians sudah mulai tayang di sejumlah bioskop di Tanah Air sejak awal pekan ini. Film yang diangkat dari novel berjudul sama tersebut jadi salah satu film yang paling banyak dibicarakan sejak penayangan perdana di Los Angeles, California, Amerika Serikat pada 7 Agustus silam.

 

“Lima tahun yang lalu, Hollywood sempat menawarkan untuk membuat film dengan pemeran utama adalah artis berkulit putih. Gila sekali,” kata sang penulis novel, Kevin Kwan kepada Reuters.

Kwan pun menolak tawaran pemilihan artis bertampang kaukasian tersebut. Novel yang terbit pada 2013 itu akhirnya bisa terwujud masuk layar lebar pada tahun ini. Pemeran utama wanita diisi oleh artis Cina-Amerika yang kerap berakting di serial televisi, Constance Wu.

Crazy Rich Asians adalah film Hollywood pertama selama 25 tahun terakhir yang diisi sepenuhnya oleh cast dari Asia. Terakhir kali ada film Hollywood yang menampilkan semua cast berdarah Asia adalah film musikal Flower Drum Song (Universal Pictures, 1961) dan Joy Luck Club (Hollywood Pictures, 1993).

Meski demikian, sejumlah fans mengajukan komplain pada film ini. Mereka mempertanyakan kurangnya persentase aktor Asia yang berwarna kulit lebih gelap.

Ambil contoh Singapura, yang menjadi setting kisah tokoh utamanya. Populasi di negara tersebut diisi oleh etnis Cina 74%, Melayu 15%, dan India 7,4%.

“Film ini untuk semua orang. Sudah terlalu lama sejak studio film di Hollywood tidak membuat film yang menampilkan dominasi wajah-wajah Asia,” ujar Kwan.


 

Flora L.Y. Barus

Flora Librayanti BR K
11-09-2018 17:30