Main Menu

Festival Dongeng International Kembali Dihelat

Dani Hamdani
26-10-2016 17:59

Agus PM Toh beraksi mendongeng, Jakarta 26 Oktober 2016 (DOk GATRAnews/AyoDI)

Jakarta, GATRANews  – Pekan depan, 4-5 November, para 'Tukang Dongeng' dari mancanagara kembali bakal unjuk kemampuan di Museum Nasional, Jakarta, dalam ajang Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016.

 

Festival ini bakal dihadiri pendongeng internasional seperti Seung Ah (Korea Selatan), Sheila Wee (Singapura), Wajuppa Tossa (Thailand), Ng Kok Keong (Malaysia), Craig Jenkins (UK) dan Jeeva Raghunath (India).

 

Tentu tak bakal ketinggalan para pendongeng top tanah air seperti, Agus PM Toh (Aceh), I Made Taro & Gede Tarmada (Bali), Rona Mentari (Jogjakarta), Imam Rojali (Lampung), Fanny Haurissa (Maluku), Puppetaria, Rika, Budi Baik Budi, Aio dari Ayo Dongeng Indonesia.  

 

"Kami berharap acara ini dapat memperkenalkan kebaikan dongeng serta memperluas minat masyarakat terhadap kegiatan mendongeng,” kata Ketua Penyelenggara Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016, Ariyo Zidni. 

 

Kegiatan bertaraf internasional kedua yang diusung komunitas Ayo Dongeng Indonesia ini disokong oleh Bintang Nutricia.

 

(BACA juga: AyoDI: Komunitas Relawan Tukang Dongeng)

 

“Kami di Nutricia percaya, pertumbuhan seorang anak yang baik dimulai dari pola asuh orang tua yang tepat dan mendongeng merupakan salah satu media sederhana serta mudah dengan berbagai manfaat dalam proses tumbuh kembang anak,” kata Arif Mujahidin, direktur komunikasi Danone.    

 

Tahun ini, Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 mengusung tema Cerita Indonesiaku. Selain untuk mengangkat dongeng baik Indonesia, Ayo Dongeng Indonesia dan Bintang Nutricia ingin menghidupkan kembali tradisi mendongeng dengan mempromosikan metode mendidik yang baik dan unik untuk anak serta menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap Indonesia, termasuk pola hidup sehat.

 

“Menumbuhkan nilai dan karakter positif anak perlu komitmen orangtua terus menerus, karena pengasuhan adalah proses maraton jangka panjang," ujar Najelaa Shihab, M.Psi, seorang pegiat pendidikan.

 

AyoDi menjelaskan rencana Festival Dongeng Internasional, Jakarta, 26 Oktober 2016 (GATRAnews/AyoDI)
AyoDi menjelaskan rencana Festival Dongeng Internasional, Jakarta, 26 Oktober 2016 (GATRAnews/AyoDI)

Dongeng, menurut Najelaa, adalah salah satu cara belajar membiasakan interaksi menyenangkan dan bermakna dalam keluarga. Melalui pesan dan aktivitas dongeng, anak melatih aspek-aspek penting perkembangan; orangtua juga mempraktekkan teknik komunikasi yang efektif.

 

Selain itu, orang tua bersama 'si kecil' juga dapat mengikuti berbagai kegiatan spesial mulai dari workshop dan pertunjukan edukatif seperti Taman Cerita, Pojok Dongeng, Pertunjukkan Dongeng, Bazaar, dan Kelas Dongeng yang ditujukkan untuk menambah dan memperdalam pemahaman tentang dongeng oleh para pendongeng dalam negeri.

 

Ayo Dongeng Indonesia dan Bintang Nutricia mengajak Bunda maupun Ayah dan Si Kecil untuk mengikuti rangkaian Festival Dongeng Indonesia 2016 yang akan diadakan di beberapa kota di Indonesia. Mulai di Bogor (12 November 2016 ), Bandung (13 November), Malang (19 November 2016), Surabaya (20 November 2016), Poso (18-19 November 2016), Yogyakarta (26 November 2016) dan Maluku (27-28 November 2016).


Editor: Dani Hamdani 

 

Dani Hamdani
26-10-2016 17:59