Main Menu

Men-SADARI Kanker Payudara Lewat Pameran Foto

Fitri Kumalasari
08-11-2016 14:21

Margareth Horhoruw menggelar Pameran Foto Kanker Payudara, 3-15 November 2016, Grand Indonesia (GATRA/Dok Panitia SADARI)

Jakarta, GATRAnews - Kanker payudara merupakan  salah satu penyakit yang paling banyak menyerang perempuan Indonesia. Itu tergambar dari data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bahwa pada Desember 2014 hingga September 2015, ada 43.744 kasus kanker payudara yang ditangani. Apalagi bila ditambah, masih banyak perempuan Indonesia yang belum menyadari pentingnya memeriksakan diri sejak dini.

 

Banyak upaya dilakukan untuk membangkitkan kesadaran publik mengenai pentingnya deteksi diri kanker payudara. Adalah Margareth Horhoruw, fotografer perempuan mencoba melakukan itu lewat pameran foto.

 

Pameran yang berlangsung 3-15 November 2016 di Alun-alun Indonesia, Grand Indonesia West Mall Lantai 3 ini menampilkan 20 foto hitam putih dari 11 orang penyintas dan pasien kanker payudara. Tema pameran foto tersebut yakni #SADARI: Kenali Tubuhmu, Sadari Adanya Kelainan.



Pameran foto #SADARI dilatarbelakangi oleh keprihatinan Maggy, sapaan akrab Margareth Horhoruw, terhadap tingginya jumlah pasien kanker payudara di Indonesia. Ide tersebut terbit saat Maggy mengikuti workshop photojournalis di Guatemala pada 2014 silam.

 

"Isu nasional mengenai kanker payudara belum mengemuka. Lalu disampaikan ide ini kepada beberapa teman. Ternyata disambut baik dan ada beberapa yg bersedia di foto," cerita Maggy.

 

Maggy pun mulai melakukan foto dari November 2014. Semua foto diambil Maggy di Jakarta dan Semarang. Katanya, tak mudah mengajak perempuan untuk mau difoto. Karena mereka difoto saat tidak cantik.

 

"Kampanye saya pemeriksaan dini dan penanganan dini," sambung Maggy saat memandu pengunjung pameran menikmati foto-fotonya. Harapan Meggy, lewat pameran ini semakin banyak orang paham akan penyakit kanker payudara, baik tentang deteksi dini dan pemeriksaan dini. 


Reporter: Fitri Kumalasari

Editor: Dani Hamdani 

 

 

Fitri Kumalasari
08-11-2016 14:21