Main Menu

Bungasari Berbagi Tips, Klasifikasi, dan Manfaat Tepung

Edward Luhukay
14-11-2016 10:30

Jakarta, GATRAnews - Masih banyak wanita, khususnya ibu muda yang belum mengerti cara memilih tepung terigu, baik untuk membuat gorengan, bahkan kue. Tak heran jika hasilnya pun tak maksimal, di antaranya adonan menjadi keras atau terlalu lembut. PT Bungasari Flour Mills Indonesia sangat memahami masalah tersebut dan berbagi tips untuk memilih tepung yang tepat.

Bungasari telah mengklasifikasikannya berdasarkan manfaatnya, mulai tepung terigu dasar (basic flour), tepung terigu khusus (specialty flour), produk sampingan (by product) seperti tepung industri, dedak gandum, dan tepung premix.

Namun, umumnya yang banyak digunakan oleh kaum ibu ini adalah tepung untuk pembuatan roti atau mie, aneka gorengan, jajanan, cake, dan cookies. Nah, di Bungasari, untuk mereka yang ingin membuat roti atau mie, bisa menggunakan tepung Kabuki Gold yang mengandung protein tinggi sehingga menghasilkan roti atau mie yang lembut saat di konsumsi.

Sementara, tepung yang banyak digunakan secara umum adalah Bola Salju dengan protein sedang, di mana tepung ini bisa dimanfaatkan untuk aneka gorengan dan sebagainya. Untuk membuat kue, ada Hana Emas dengan protein rendah.

"Yang terbaru ada Kabuki Gold, di mana kehadirannya mampu menjawab kebutuhan konsumen yang sudah disesuaikan dengan trend masa kini, yakni melalui kadar ash (abu) yang rendah, hadir dengan warna tepung lebih putih dan menghasilkan roti yang lebih putih dan cerah dengan pori-pori roti yang halus," jelas Masaaki Kono, salah seorang chef asal Jepang yang menggelar demo masak di booth Bungasari di Pameran Interfood Indonesia, di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (10/11) siang.

"Bungasari telah berhasil merebut pangsa pasar sebesar 6% hanya dalam tempo enam tahun beroperasi," jelas Budianto, Sales and Marketing Director Bungasari Budianto Wijaya.

Lewat dukungan teknologi terkini yang ada di pabrik Bungasari di Cilegon, produk ini memiliki tingkat granulasi yang halus. Keunggulan ini yang memang menghasilkan tekstur roti yang lebih lembut dan tahan lama.

Selain itu, kadar penyerapan air (water absorption) yang tinggi membuat Kabuki Gold dapat menghasilkan jumlah roti yang lebih banyak dibandingkan tepung lainnya karena diolah dari gandum kualitas terbaik.

"Menariknya lagi harganya pun terjangkau, cocok untuk Anda yang menginginkan kesempurnaan atas makanan hasil olahan kualitas roti super premium ala Jepang. Jadi untuk produk berkualitas ini harganya sekitar Rp 300 ribu," demikian Budianto.


Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
14-11-2016 10:30