Main Menu

Kanker Serviks Pembunuh Nomer 2

Rosyid
01-12-2016 20:09

Padang, GATRANews - Kematian akibat kanker serviks di Indonesia mencapai 17 persen. Kanker leher rahim ini merupakan penyebab kematian nomor dua bagi wanita setelah kanker payudara yang mencapai 25 persen.


Hal itu disampaikan  Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI, Lily Sriwahyuni Sulistyowati, usai mendampingi Ibu Iriana Joko Widodo meninjau pelaksanaan tes Inspeksi Visual Asetat (IVA) di Pasar Lubuk Buaya, Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (1/12).

Kanker serviks merupakan penyakit tidak menular yang yang bisa dicegah dengan gaya hidup tidak sehat. Seperti rajin berolahraga, memakan makanan yang bergizi, diet sehat dengan kalori yang seimbang serta dengan melakukan pengecekan kesehatan secara rutin.

Pemeriksaan secara dini diharapkan dapat mendeteksi sejak awal, sehingga dapat diantisipasi efek jangka panjang dari penyakit itu.

"Biasanya kalau sudah ada keluhan stadiumnya sudah berlanjut sehingga tingkat kesembuhannya sudah minim, jika telah terdeteksi sejak awal, insya allah tingkat kesembuhan bisa 100 persen," terangnya pada Antara.


 

Editor: Rosyid

Rosyid
01-12-2016 20:09