Main Menu

Nenek Heroik Melahirkan pada Usia 67 Tahun!

Rohmat Haryadi
27-12-2016 16:48

Operasi Caesar (dpa)Jakarta GATRAnews - Anastassia Ontou, 67 tahun,  melahirkan bayi perempuan dengan berat 2,6 lbs atau 1,20 kg. Bayi itu lahir enam minggu lebih cepat melalui operasi caesar, 20 Desember lalu. Ontou nekad meputuskan mengandung bayi dari anak putrinya lewat keputusan pengadilan.


Pengadilan membolehkan Ontou mengandung setelah putrinya gagal dalam tujuh upaya kehamilan. Dan terakhir diberitahu bahwa ia tidak akan pernah bisa hamil. Dokter yang membantu melahirkan bayi menggambarkan Ontou sebagai nenek 'heroik'.  Putri Ontou mengaku dia pikir ibunya adalah 'gila' ketika dia menawarkan untuk mengandung anaknya.

"Aku merasa lebih seperti seorang nenek daripada ibu," katanya. Ontou berasal dari sebuah desa dekat Larissa, Yunani Tengah. Constantinos Pantos, dokter Ontou, mengatakan itu adalah pertama kalinya keputusan pengadilan menyetujui kehamilan. "Ini adalah nenek heroik," katanya.

Perempuan tua berada pada peningkatan risiko mengembangkan diabetes dan tekanan darah tinggi saat hamil. Kondisi ini meningkatkan risiko mengalami keguguran. Pada wanita di atas 45 tahun, lebih dari setengah dari seluruh kehamilan akan berakhir dengan keguguran.

Jacque Gerrard, Direktur Sekolah Kebidanan di Inggris, sebelumnya mengatakan: 'Wanita yang lebih tua lebih berisiko preeklamsia (tekanan darah tinggi), keguguran dan kehamilan rumit yang dapat mengakibatkan penggunaan forceps atau operasi caesar."

"Berdasarkan catatan internasional, ini adalah ibu pengganti tertua yang juga nenek, didasarkan pada kondisi medis putrinya," kata Gerrard. Putrinya, Constantina, 43 tahun, yang memiliki tujuh upaya kehamilan tetapi gagal. Menurut Guinness Book of World Records, sebelumnya tertua ibu pengganti adalah 66 tahun dan 358 hari.

Maria del Carmen Bousada Lara, dari Spanyol, melahirkan anak laki-laki kembarnya hampir satu dekade yang lalu. Namun, ia meninggal karena kanker pada tahun 2009. Dia mengaku berbohong tentang usianya untuk menerima perawatan kesuburan di Amerika. Awal tahun ini seorang wanita India menjadi ibu tertua di dunia, melahirkan pada usia 72.

Daljinder Kaur memiliki anak setelah dua tahun pengobatan IVF di sebuah klinik kesuburan dan dia mengatakan tidak terlalu tua untuk menjadi ibu pertama kali. Diperkirakan dia adalah wanita tertua di dunia yang melahirkan putrinya Naveen. Bayi yang dikandung menggunakan telur dan sperma pasangannya sendiri.


Editor: Rohmat Haryadi

Save

Save

Save

Rohmat Haryadi
27-12-2016 16:48