Main Menu

Ini Dia Tips Agar Ibu-ibu Tidak Boros

Flora Librayanti BR K
03-02-2017 22:04

Jakarta, GATRANews - Cara ibu berbelanja kebutuhan rumah tangga akan sangat mempengaruhi kondisi finansial keluarga. Seorang ibu harus selalu mengingat bahwa ia membeli sesuatu memang karena butuh, bukan karena keinginan semata. Sebuah riset menyatakan bahwa seorang ibu itu rata-rata menghabiskan waktunya hingga 6 jam per harinya bermain internet dan 58 persen ibu berbelanja secara online.

 

Dengan demikian, tidak heran jika banya kampanye digital yang menargetkan para ibu, mulai dari produk yang berhubungan dengan dunia perempuan/ibu hingga produk yang secara umum tidak berkaitan dengan perempuan.Elevenia merangkum beberapa tips untuk ibu mengatur belanja agar tidak terjadi pemborosan.

 

Pertama menyusun daftar prioritas. Buat juga rincian biaya yang akan dikeluarkan dari tiap komponen kebutuhan tersebut. Jangan lupa untuk menempatkan berbagai komponen biaya yang tak terduga dalam urutan terakhir di dalam daftar prioritas tersebut.

 

Kedua, menyesuaikan daftar prioritas dengan anggaran. Setelah menyusun daftar prioritas, Ibu bisa menyesuaikan daftar tersebut dengan anggaran yang dimiliki. Kalau ternyata dana tidak mencukupi, itu berarti Ibu harus mengurangi beberapa kebutuhan yang dirasa tidak perlu.

 

Ketiga, memanfaatkan waktu diskon. Hampir setiap saat banyak toko yang menggelar obral besar-besaran, tak terkecuali toko online yang kini semakin marak bemunculan. Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk membeli kebutuhan yang memang telah diprioritaskan terutama barang-barang yang esensial seperti kebutuhan rumah tangga.

 

Keempat, memilih tempat belanja. Saat memilih tempat belanja, sebaiknya Ibu memilih berdasarkan harga. Jadikan patokan harga sebagai faktor utama Ibu dalam memilih tempat belanja demi keselamatan finansial. Jika Ibu gemar berbelanja daring, pilih toko online yang menawarkan harga paling murah. Dengan berbelanja online, kita bisa menghemat uang, karena tak perlu keluar biaya untuk ongkos, parkir atau jajan.

 

Kelima, jangan malas untuk membandingkan harga barang. Sebagai ibu rumah tangga yang cermat, perhatikanlah harga produk yang sama di tempat biasa berbelanja dan tempat lain, manakah yang memberikan harga lebih murah? Meskipun lebih murah, Ibu perlu juga kualitas bahan makanan atau produk.

 

Keenam, jangan mudah tergiur iklan. Seorang ibu harus selalu mengingat bahwa ia membeli sesuatu memang karena butuh, bukan karena keinginan semata. Jangan mudah terbujuk iklan.


Reporter : Flora Libra Yanti

Flora Librayanti BR K
03-02-2017 22:04