Main Menu

Ini Tiga Fokus Utama Syar`i Community Indonesia

Edward Luhukay
27-02-2017 09:05

Peluncuran Syar`i Community Indonesia (Rhdprod./AdityaHartawan)

Artikel Terkait

Jakarta, GATRAnews - Bagi sekelompok muslimah yang tergabung dalam Syar`i Community Indonesia (SCI) --wadah para desainer muslimah berbasis desain syar`i-- fashion tak diperlakukan hanya sebagai alat komunikasi identitas pribadi. Lebih jauh daripada itu, fashion atau pakaian merupakan bagian mendasar dalam berkeimanan kepada Allah SWT.



SCI mengimbau, para muslimah SCI bersyiar sebaik-baiknya lewat diri mereka yang senantiasa berusaha menggunakan busana muslimah syar`i dan lewat desain-desain busana muslimah cantik nan nyaman, yang lahir dari tangan mereka dengan mengedepankan syarat ke-syar`i-an, yakni menutupi aurat sebaik-baiknya sesuai tuntunan Islam.

"Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas diri dan kualitas hidup adalah dengan berpenampilan syar`i lalu bergerak terus menjadikan seluruh rangkaian hidup kita semakin syar`i," menurut Tiara Syafrudin, salah seorang founder dan Ketua Umum SCI, melalui siaran pers yang diterima GATRAnews.

SCI didirikan pada 19 Desember 2016 oleh 30 desainer syar`i Indonesia yang kesemuanya memiliki brand masing-masing. Para desainer tersebut, yakni, Sabila Syari Fash, Syaira Syari, Zahwazee Prime, RDK Syari, Istiqomah Syari. Qnanz, Shaura, Mayra Premium, Sofiaatajmeel, Amily Hijab, D`Azzahra, Yunia Syari, Ummu Balqis Signature, Albarizk, Prime keydelabel, Ulya Hijab, Mustbe, OSD, Ristyland, Hanazaida, Territory, Althafunissa Syari, NADA, Zannabe Syari, Fenny Saptalia, Mayesa Premium, Zavi Syari, RayNa Premium, Ranuni, dan Wwiek Muslimah.

Selain fokus dalam fashion Syar`i, SCI juga memiliki tiga fokus utama sebagai aktifitasnya yaitu, ekonomi, dakwah dan sosial yang kesemuanya berbasis syar`i.

Dalam mewujudkan syiar syar`i pada bidang ekonomi melalui aktivitas industri kreatif berbasis fashion muslimah yaitu dengan aktif mem-produksi dan menjual busana muslimah syar`i. Proyek SCI di bidang ekonomi ini adalah Syar`i-ku Online Store dengan alamat situs www.syariku.com, Syar`i-ku Offline Store yang Insya Allah akan berada di salah satu mal di daerah Jakarta Selatan dan The Roadshow of Syar`i-ku Fashion Festival rutin setiap tahunnya.

Sedangkan guna mewujudkan syiar syar`i dalam bidang dakwah dengan mengaktifkan Majelis Syar`i-ku khusus untuk muslimah. Para founder menginisiasi majelis rutin yang di dalamnya menggali ilmu Islam yang menuju makin syar`i –nya laku gerak dan sikap hidup yang pada tahap awal akan digelar bulanan atau dua bulanan.

Dalam mewujudkan syiar syar`i di bidang sosial, SCI mengusung program sosial untuk anak-anak dan muslimah. Maka, bersama aktivis dakwah dan sosial kemanusiaan, yang sebelumnya dikenal sebagai seorang selebritas Indonesia, Peggy Melati Sukma, SCI menginisiasi gerakan sosial 1000 hijab syar`i untuk Indonesia dan turut membangun satu dari 99 Rumah Qur`an Asmaul Husna untuk Anak Indonesia sebagai proyek sosial berbasis syiar Islam yang dikelolanya, bersama gerakan besarnya, Urban Syiar Project, mitra sosial SCI.

Untuk itu pada safari dakwah Peggy ke negeri Qatar sejak tanggal 16-20 February 2017, yang diantaranya mengusung misi penggalangan dana untuk rumah Qur`an kelima yang akan dibangun di bekas lokasi gempa Pidie Jaya Aceh, maka SCI menggelontorkan belasan desainernya membuat busana-busana muslimah yang menjadi sarana menggalang sedekah. Peggy sendiri merupakan Badan Penasehat SCI.

Seperti visi misinya yang mewadahi para desainer syar`i dalam meningkatkan kualitas diri dan kualitas hidup melalui pakaian syar`i dan kegiatan yang disebutkan diatas, SCI akan mendeklarasikan Syar`i Community Indonesia (SCI) sebagai komunitas pada tanggal 22 Februari 2017, di Gran Mahakam Hotel, Jakarta Selatan.



Editor: Edward Luhukay

Edward Luhukay
27-02-2017 09:05