Main Menu

Perempuan Lulusan SMP Mendapat Penghargaan dari GE Healthcare

Aries Kelana
15-07-2017 00:00

GE Healthcare (Gatra/Aries Kelana/AK9)

Jakarta, GATRANews -- Rohani Dg Tene merupakan warga biasa. Penduduk Gowa, Sulawesi Selatan ini juga cuma lulusan SMP. Suaminya pun cuma seorang petani. Namun kepribadiannya luar biasa. Ia memiliki kepedulian tinggi terhadap kesehatan ibu dan anak di sekitar tempat tinggalnya. Perempuan berumur 42 tahun ini mendampingi ibu hamil selama pemeriksaan berkala setiap bulan.


Selain itu juga mendampingi mereka untuk menjangkau puskesmas terdekat yang berjarak 2 kilometer dan hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 1 jam. Selama 20 tahun itu ia menjalankan kegiatan sosial tanpa meminta imbalan dari ibu hamil dan keluarga. Yang luar biasa lagi, ia memiliki pengetahuan luas mengenai kesehatan ibu hamil.

Atas dedikasinya itu, ibu enam anak itu mendapat penghargaan dari GE Healthcare sebagai “The Heroines of Health” (Pahlawan Kesehatan). Penghargaan tersebut dianugerahkan Haris Izmee, Country Manager GE Healthcare Indonesia, pada jumpa pers yang digelar di Hotel Fairmont, Jl Asia Pasifik, Senayan, Jakarta Pusat (12/7/2017). Selain Rohani, ada dua wanita asal Kenya dan India, yang mendapat penghargaan serupa. Kontribusi Rohani Dg Tene dikisahkan dalam sebuah film dokumenter berjudul ‘Heroines of Health’, karya sutradara Lisa Russell dan diproduseri oleh GE Healthcare.

Rohani Dg Tene mengaku sangat bangga dapat terpilih sebagai penerima penghargaan ‘Heroines of Health’ dan berterima kasih kepada GE Healthcare. “Saya terdorong untuk membantu para ibu hamil karena memahami besarnya risiko yang mereka hadapi baik selama kehamilan, saat melahirkan, dan pasca melahirkan,” ujarnya. Ia berharap dengan mengingatkan mereka untuk periksa berkala dan mendampingi saat melahirkan, angka kematian ibu hamil di lingkungannya akan semakin berkurang.

Dalam sambutannya, Haris Izmee mengatakan, bahwa GE Healthcare berkomitmen untuk meningkatkan layanan kesehatan di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Melalui ‘Heroines of Health’, pihaknya ingin mengangkat upaya tak kenal lelah dan pencapaian yang dilakukan para perempuan penerima penghargaan ini dan meningkatkan keterlibatan perempuan dalam industri kesehatan. “Kami sangat bangga karena Ibu Rohani, yang mewakili Indonesia, terpilih menjadi salah satu sosok yang dinilai memiliki kontribusi tinggi terhadap industri kesehatan, terutama kesehatan ibu dan anak,” ujarnya.

Kondisi kesehatan ibu dan anak di Indonesia, katanya, menghadapi tantangan perihal angka kematian ibu dan bayi yang cukup tinggi setiap tahunnya. Hal ini terjadi karena masih banyak daerah di pelosok Tanah Air yang memerlukan fasilitas dan tenaga kesehatan memadai untuk melayani masyarakat lebih intens.



Reporter: Aries Kelana
Editor: Aries Kelana

 

 

 

Aries Kelana
15-07-2017 00:00