Main Menu

Twitter : Ini Dia 12 akun Indonesia Banget

Birny Birdieni
21-03-2018 14:23

Ilustrasi.(Dok.Twitter/re1)

Jakarta, Gatra.com- Selama 12 tahun Twitter telah menjadi saksi beragam momen penting di Indonesia. Mulai dari cerita inspiratif bagaimana kesuksesan seseorang. Lahirnya kreator konten hingga maraknya pesta demokrasi.

Kehadiran Twitter juga turut menyambung 300 suku dan 17 ribu pulau di tanah air. Menjadi platform komunikasi real time dengan warnanya sendiri. Hingga informasi, hiburan dan sumber data kegiatan jejaring sosial dunia maya dalam lignkungan nasional maupun dunia.

Sebagai gambaran seperti apa, berikut adalah 12 jenis akun “Indonesia Banget” di Twitter yang terus menciptakan interaksi dan percakapan menarik:

1. Komunitas Sepak Bola Terseru - @infosuporter

Ada banyak akun mengenai sepak bola dengan ribuan hingga jutaan pengikut di Twitter. Sebut saja @persib dengan 3,18 juta pengikut. Lalu @utdIndonesia yang memiliki 1,2 juta pengikut.

Ada juga akun-akun tak terikat klub atau liga seperti @infosuporter dan @indosoccer. pada tahun 2015 menjadi media online berbasis komunitas. Didesain sebagai penyambung segala hal tentang sepak bola.

Ajang-ajang besar sepak bola pun sudah dalam waktu dekat. Seperti Liga 1, Asian Games dan Piala Dunia. Percakapan akan sepak bola pun dipastikan berlanjut sepanjang tahun.

2. Drama Transportasi Online - @CeritaTranspOL (#dramaojol)

Naiknya penggunaan aplikasi jasa pemesanan dan transporatsi online, membuat cerita menarik pengguna dan pengemudi membanjiri sosial media Twitter.Akun dengan nama awal “Drama Uber Nasional” berubah menjadi @CeritaTranspOL (Cerita Transportasi Online). Menyajikan cerita-cerita lucu, menyentuh dan kadang serius yang dicuitkan oleh para pengguna.

3. Pejabat Pemerintah Favorit Masyarakat - @jokowi, @ganjarpranowo, @susipudjiastuti,
@ridwankamil

Mendekati ajang Pemilihan Kepala Daerah 2018 dan Pemilihan Presiden 2019, media sosial menjadi pusat informasi. Baik untuk konten politik dan hiburan politik. Sampai pejabat pemerintah "social media darling". Kehidupan pribadi, langkah politik dan ucapan mereka akan terus menjadi sorotan di Twitter.

4. Melayani Masyarakat dengan Senyuman - @_TNIAU @ditjenpajakri, @Kemdikbud_RI,
@bank_indonesia

Konten lucu dan cerdas selalu menarik perhatian orang Indonesia. Platform Twitter memiliki akun-akun lucu yang mencuitkan konten bernuansa humor. Uniknya, akun-akun ini merupakan akun resmi lembaga pemerintah seperti TNI Angkatan Udara dan Direktorat Jenderal Pajak.

Mereka membanjirilinimasa Twitter dengan cuitan yang tidak hanya informatif, tapi juga menghibur. Mereka memiliki strategi jitu untuk membuat orang tertawa dengan mengomentari hal-hal serius dan sinis dengan selera humor yang menghibur.

5. Horor dengan Kearifan Lokal - @InfoMemeTwit

Twitter menjadi platform terbaik berbagi cerita horor. @InfoMemeTwit mendokumentasikan kisah-kisah mistis menghibur di akun mereka. Bagaimana antusiasme membaca cerita dari tanggapan cepat sesama pengguna serta cuitan horor.

6. Komunitas Jalan-Jalan - @TravellerKaskus

Di Twitter, sekelompok penggemar perjalanan mampus menghapus batas ribuan kilometer untuk membuat jaringan wisatawan. Tak hanya berbagi informasi tentang kota, pulau, budaya dan acara lokal. Tapi ini juga menjadi cara paling mudah dan paling terjangkau untuk kesana. @TravellerKaskus menjadi jendela keindahan negara kepulauan Indonesia.

7. Cerita Komedi - @hati2diInternet, @yeahmahasiswa, @PEMBIMBINGUTAMA, @MajelisLucu, @JurigLagu

Hiburan komedi ringan akun-akun ini digemari para pengguna Twitter lokal. Cuitan komedi dengan Retweet banyak ini seringkali dibuat hanya beberapa baris sederhana saja.

8. Dangdut adalah Musik dari Indonesia - @viavallen01, @DA2_Ridho, @DA2_Rizki,@Lesti_Jenong_DA

Saat ini, banyak artis dangdut memanfaatkan kekuatan Twitter untuk terhubung dengan para penggemarnya. Mendapatkan lebih banyak penggemar dan menjadikan nama mereka sebagai trending topic. Banyak kontes dangdut juga mengandalkan Twitter sebagai platform pemungutan suara.

9. Ulasan Perfilman ala Warganet - @CenayangFilm, @teppy87, @ScreenSaversID

Ulasan film darisudut pandang orang "biasa" baik itu positif dan negatif menjadi daya tarik. Beberapa akun ini melakukan ulasan akan berbagai film di Indonesia dengan cara mereka sendiri. Ternyata berhasil menarik perhatian banyak pengguna dan menimbulkan percakapan viral.

10. Pusat Informasi Seputar Public Figure - @InfoTwitwor, @makLambeTurah

Dua akun ini terkenal dengan cara mereka mengabadikan momen-momen yang mungkin tidak berharga untuk sekelompok orang namun sangat hangat dan menarik bagi yang lainnya.

@InfoTwitwor memetakan “Perang Cuitan” antara pengguna Twitter yang dianggap lucu. Hingga mengagetkan antara figur yang terkenal atau tidak. Sedangkan @makLambeTurah fokus pada pemberitaan public figures dan selebriti yang kebanyakan bersumber dari konten buatan pengguna yang mereka Retweet.

11. Sang Peramal - @TweetRAMALAN

Akun @TweetRamalan sering memberikan ramalan berdasarkan berbagai hal seperti zodiak dan golongan darah. Ternyata menyedot cukup besar pengikut lebih dari 13 juta pengguna.

12. Panduan bagi penggemar film - @cinema21, @CGV_ID

Orang Indonesia menjadikan aktivitas menonton film di bioskop sebagai kesempatan spesial. Mereka sudah terbiasa memeriksa update lewat Twitter sebagai bagian kegiatan akhir pekan mereka.

Akun Twitter Cinema 21 dan CGV ID telah diikuti oleh mayoritas orang Indonesia masing-masing 11,1 juta dan 4,33 juta pengikut. Fakta ini menjadi sangat fenomenal karena di banyak negara lain, akun bioskop tidak memainkan peran penting demikian.



Editor : Birny Birdieni

Birny Birdieni
21-03-2018 14:23