Main Menu

Wine Coffee Temanggung di Telkomcraft 2018

Fitri Kumalasari
25-03-2018 20:32

Stand Suwondo Coffee yang menyediakan Wine Coffee di ajang Telkomcarft 2018. (GATRA/ Fitri Kumalasari/FT02)

Jakarta, Gatra.com - “Mau coba wine?” Danang Aji Priyo Utomo menawarkan kepada pengunjung yang mampir stand-nya.

Salah seorang pengunjung menanyakan apa maksudnya wine? Pemilik Suwondo Coffee ini menjelaskan wine buatan Suwondo Coffee ini punya aroma dan rasa wine, tapi tanpa alkohol. Danang menyebutnya “wine coffee”.

Rasa kopinya ringan dan tak pahit. Menikmati wine coffee menuju suam-suam kuku membuat rasanya makin kentara asam. “Enak!” ujar pengunjung perempuan lainnya. Danang menceritakan untuk membuat coffee tak sulit.

Sekitar 10 kilogram buah cherry kopi langsung dikemas dalam plastik, kemudian diikat dan didiamkan selama 9 hari. Setelah itu kopi dijemur seharian untuk dikemas lagi dalam plastik dam didiamkan selama 5 hari.

Lalu kopi dijemur kembali hingga kering. “10 kilogram cherry untuk 1,7 kilogram wine coffee,” katanya di Jakarta Minggu, (25/3).

Tak hanya jenis wine yang dibawa Danang, ada juga kopi bubuk kemasan full house, natural, honey, dan semi house dari Banjarsari, Temanggung, Jawa Tengah ke Jakarta. Masih ada 11 jenis kopi olahan lain yang tersedia di rumahnya.

Sebelum memulai usaha kopi, lahan tegalan milik Perhutani di lereng Gunung Prau, Sumbing, dan Sindoro ditanami aneka sayur dan tembakau. Komoditi kopi melejit ikut melambungkan semangat petani Temanggung tanam kopi arabika.

Kopi milik Danang sudah dipasarkan ke berbagai kota di Indonesia, bahkan berhasil ekspor ke Eropa, Amerika Serikat, Spanyol, Belgia, Malaysia, dan menyusul Cina juga Jepang.

Suwondo Coffee merupakan salah satu UKM yang peroleh binaan dan bantuan permodalan dari PT. Telkom sejak Januari 2017. Ini sudah kali kesekian Suwondo Coffee ikut pameran bersama Telkom.

Danang mengungkapkan Telkom banyak memberikan bantuan permodalan di daerahnya. “Setiap triwulan Telkom kasih bantuan kepada UKM sekitar Rp 60-65 juga. Kalau ada kegiatan seperti ini juga diajak. Dibiayai ongkos sama akomodasi.”

BUMN telekomunikasi ini mengadakan Telkomcraft sebagai ajang membangun masyarakat digital Indonesia dengan mengangkat UKM-UKM lokal yang dibina oleh BUMN.

Pameran yang berlangsung sejak 22-25 Maret 2018 di Jakarta Convention Center ini diikuti 57 UKM kraft, 87 UKM fesyen, dan 56 UKM kuliner.

Belum ada informasi lebih lanjut dari Telkom mengenai jumlah pengunjung yang datang maupun perputaran transaksi yang berhasil dihimpun Telkom dalam acaranya.

Namun, Suwondo Coffee mengaku dari 350 kemasan kopi yang dibawanya ke Jakarta, sudah laku lebih dari setengah. “Lebih dari 150 lah,” pungkas Danang.


Reporter : Fitri Kumalasari
Editor : Mukhlison

Fitri Kumalasari
25-03-2018 20:32