Main Menu

Ini Dia 10 Tanda Seseorang Bisa Dipercaya

Flora Librayanti BR K
06-05-2018 10:40

Ilustrasi. (Shutterstock/FT02)

Jakarta, Gatra.com - Relasi yang hebat membuat hidup jadi lebih bermakna. Dalam konteks karir, relasi ini menjadi sumber daya, sumber nasihat, dan menjaga kestabilan karir. Kepercayaan adalah inti dari semua koneksi ini. Berikut adalah 10 tanda seseorang bisa dipercaya, seperti dilansir dari situs Inc.:

 

1. Konsistensi
Seseorang yang bisa dipercaya cenderung bersikap sama antara perkataan dan perbuatan mereka tak peduli dalam kondisi apapun. Mereka memiliki kontrol diri untuk menjaga karakter dan menjalani apa yang telah mereka katakan akan dilakukan, bahkan di saat mereka tergoda untuk mundur. Mereka tak akan memakai topeng atau berpura-pura menjadi bukan dirinya sendiri hanya untuk membuat orang lain terkesan. Terlebih lagi jika orang lain juga berkomentar bahwa dia ini memang melakukan apa yang dia katakan.

2. Memperlihatkan belas kasihan dan kerendahan hati
Kedua sikap ini menunjukkan seseorang mampu untuk memikirkan orang lain dan tidak menganggap dirinya lebih penting daripada siapapun. Karena mereka tidak hanya fokus pada diri sendiri, peluangnya lebih kecil orang macam ini untuk mengkhianati orang lain demi mendapatkan apa yang mereka butuhkan atau inginkan.

3. Sikapnya santai
Seseorang yang sedang berpura-pura dan yang sedang bertingkah curang biasanya akan menunjukkan tanda-tanda kegugupan, semisal gerak tubuh yang gelisah. Jika seseorang terlihat tenang, mereka biasanya tidak memiliki sesuatu yang disembunyikan, jujur, dan terbuka. Anda juga akan merasa tenang karena alam bawah sadar tidak mendeteksi adanya tanda-tanda negatif.

4. Respek soal waktu
Orang yang bisa dipercaya berjuang sebisanya untuk tidak terlambat atau membatalkan rencana di detik-detik terakhir. Mereka tahu bahwa melakukan kedua hal tadi menimbulkan ketidaknyamanan dan merusak janji yang telah dibuat.

5. Menunjukkan rasa terima kasih
Mereka siap untuk mengakui kalau mereka tidak bisa melakukan semuanya sendiri dan menghargai kerjasama tim. Mereka memberikan pengakuan yang dimiliki orang lain, bahkan walau itu berarti mereka tidak akan maju secepat yang diharapkan atau bersinar seterang jika mereka mengklaim semua adalah hasil kerjanya sendiri.

6. Tidak materialistis atau hanya mengutamakan uang
TIdak ada yang salah dengan menginginkan hal-hal bagus. Orang yang bisa dipercaya tidak mengutamakan hal-hal tadi melebihi manusia. Mereka tidak keberatan untuk memberikan apa yang mereka punya (atau yang akan mereka punya kelak) untuuk membantu. Sejumlah analis dari kantor penyedia layanan stabilitas finansial percaya bahwa sikap ini bisa mengurangi godaan untuk memperlakukan orang lain dengan buruk hanya karena ingin membuktikan diri lebih.

7. Apa yang mereka sampaikan seringkali benar
Mengingat orang yang bisa dipercaya itu menghargai kebenaran, maka mereka siap mempelajari banyak hal. Mereka melakukan riset yang menghasilkan simpulan yang verifikatif, sehingga mereka bisa melacak darimana datangnya semua jawaban yang benar itu.

8. Menghindari gossip
Individu yang bisa dipercaya tidak suka membuat asumsi tentang sesuatu atau seseorang. Mereka lebih suka mendapat informasi dari sumbernya langsung dan membiarkan sumber itu menyampaikan sendiri fakta yang sebenarnya. Mereka menghindari rumor karena mereka tahu kalau rumor itu biasanya melibatkan unsur negatif yang membuat orang lain jatuh dibanding mendorong mereka bangkit. Ketika mereka bicara, pilihan kata yang digunakan adalah untuk membangun dan menghargai.

9. Anda tahu mereka terhubung dengan siapa dan dia juga mencoba untuk terhubung dengan Anda
Kedua elemen ini menunjukkan bahwa orang lain tersebut melihat Anda sebagai sama penting. Mereka ingin Anda menjadi bagian dari kelompok sosialnya dan bertemu dengan orang-orang yang Anda butuhkan untuk meraih sukses. Orang lain itu akan bisa mengkonfirmasi atau menyangkal sifatnya. Dengan kata lain, makin banyak orang yang dia perkenalkan pada Anda, maka makin sulit baginya untuk menyembunyikan siapa dirinya sebenarnya.

10. Mereka ada untuk Anda atau orang lain
Orang yang bisa dipercaya akan mendengar dan mendukung Anda bahkan ketika mereka tidak butuh sesuatu pun dari Anda. Mereka melakukan sebaik-baiknya untuk bisa membantu Anda, apapun hal yang Anda hadapi.


 

Editor : Flora L.Y. Barus

 

Flora Librayanti BR K
06-05-2018 10:40