Main Menu

Bagaimanapun, Generasi Muslim Indonesia Terus Tumbuh

Fitri Kumalasari
19-05-2018 04:31

Tren busana muslimah Ramadhan. (ANTARA/Maulana Surya/FT02)

Artikel Terkait

Jakarta, gatra.com - Hampir di banyak tempat di Indonesia sudah gadrung menemukan perempuan dengan hijab. Pemakainya tak hanya ibu rumah tangga yang hendak pergi ke pasar atau antar anak sekolah. Perempuan pekerja aneka usia juga makin banyak kenakan hijab.

Hijab sudah menjadi busana yang berubah citra. Tak hanya prasyarat menutup aurat dalam Islam, tapi sudah berevolusi lebih jauh menjadi gaya hidup perempuan urban. Perempuan dengan hijab bisa juga tampil gaya dan modis.

Selain hijab yang memberikan nuansa baru dalam kehidupan Islam, trend halal yang melekat pada makanan dan minuman, wisata halal hingga kosmetik juga kian ramai gemanya. Wardah misalnya, dikenal publik setelah citra sebagai kosmetik halal bersertifikat MUI melekat padanya.

Tidak berhenti di situ, budaya pop berciri Islam juga banyak terbit mulai dari film, novel, hingga musik bernapas Islam menarik hati masyarakat Indonesia yang hampir 90% penduduknya Muslim. Fenomena kebangkitan nilai-nilai Islam juga tercermin dengan makin banyaknya bank maupun sistem keuangan syariah.

Gaya hidup muslim global dan universal pun rasanya makin masif saat makin jayanya internet dan media sosial mampu meretas batas jarak dan waktu menjadi semakin dekat: selebgram muslim, ustad muslim, dan lain sebagainya. “Ini semua masih masuk dalam euforia pasar,” kata Yuswohady, managing partner Inventure saat menjelaskan tentang apa itu Muslim Zaman Now di Gedung Telkom Multimedia Tower, Jakarta pada minggu kedua Mei lalu.

Indonesia meski jumlah penduduk muslimnya besar, untuk peringkat sektor ekonomi Islam masih kalah jaun dari Malaysia. Mustafa Edwin Nasution, Ketua Dewan Pembina DPW IAEI (Ikatan Ahli Ekonomi Islam) Jakarta menyebut untuk kategori halal food, halal tourism, dan keuangan syariah masih jauh unggul negeri Jiran. Sementara untuk kategori modest fashion masih dimotori oleh Uni Emirat Arab.

Perkembangan kehidupan Muslim Indonesia mengalami eskalasi sejak 2010. Pada tahun itu mulai berkembang pesat berbagai sektor industri yang menyasar segmen muslim seperti makanan dan minuman halal, kosmetika halal, fesyen muslim, lazis, sekolah Islam, hotel syariah, hingga media Islam. Tahun itu juga menandai revolusi hijab 2.0 di mana hijab yang dulu dipersepsikan sebagai busana orang kampung naik kelas jadi busana modis dengan warna-warna riang.



Reporter : Fitri Kumalasari

Editor : Bernadetta Febriana

Fitri Kumalasari
19-05-2018 04:31