Main Menu

Ramadhan Datang, Marathon Belanja Dimulai

Fitri Kumalasari
19-05-2018 11:30

Suasana Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. (ANTARA/Galih Pradipta/FT02)

Jakarta, gatra.com - Belum datang puasa, Bu Astin dan Mama Doni sudah berburu pakaian baru untuk Idul Fitri 2018 nanti di Pasar Tanah Abang. Mereka sudah curi start belanja duluan sejak sebulan sebelum pemerintah sidang isbat tentukan 1 Ramadhan datang. Keduanya warga RT 05 di Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur. “Buat saudara nanti di kampung,” kilah mereka. Keduanya bersama suami bakal mudik ke Banyuwangi dan Lampung.

Mpok Alena punya cerita lain. Dua bulan sebelum puasa, ia dan anak menantunya sudah berburu tiket kereta tujuan Purwokerto. “Gua kagak dapet tiket pulang,” imbuhnya. Kata Mama Imbang, mpok Alena pulang bakal naik bus. Meski mungkin bakal mengalami perjalanan pulang macet, hasrat mudik tidak surut.

Perilaku ibu-ibu di atas jamak juga dilakukan banyak orang. Ramadhan tak hanya sekedar perjalanan religi menuju yang fitri, tapi juga berarti merayakan kemenangan yang perlu dilakukan bersama dengan keluarga dan orang terdekat.

“Ini event istimewa. Pasarnya unik dan tidak terpengaruh inflasi maupun naiknya harga dollar,” kata Yuswohady, salah satu penulis buku Gen M: Islam itu Keren. “Justru pada momen ini konsumsi habis-habisan. Produk-produk muslim mendapat momen maksimalnya.”

Momen ini dicermati betul oleh para penjual aneka produk. Mal dan pusat perbelanjaan bersolek diri, menawarkan sale dan program-program menarik. Hotel juga ikut menawarkan paket Ramadhan mulai dari buka puasa hingga sahur.

Data dan insight yang dirilis Google tahun 2016 dalam laman techinaia.com menyebut perilaku online masyarakat Indonesia berubah ketika memasuki Ramadhan. “Intensitas pencarian produk dan barang di internet meningkat tajam,” demikian ditulis dalam buku Gen M: Islam itu Keren.

Sekitar 30% pencarian di internet untuk tiket, 29% untuk busana, 24% untuk barang elektronik, 19% untuk kebutuhan telekomunikasi semisal pulsa dan paket data, dan 17% untuk pembelian smartphone baru.

Mama Imbang tidak mudik ke kampung halaman tahun ini, tapi pikirannya jauh bakal menyiapkan menu berbuka puasa, sahur hingga sajian pada saat lebaran tiba. Berapa biaya yang mesti ia persiapkan. Belum lagi juga sedia salam tempel untuk keponakan dan cucu-cucu. “Kata Ayah (almarhum suaminya) THR itu ikhlaskan aja habis. Memang untuk bagi-bagi rezeki ke orang-orang.”

Jadi, sudahkah Anda bersiap diri belanja di bulan Ramadhan?


 Reporter : Fitri Kumalasari

Editor : Bernadetta Febriana

Fitri Kumalasari
19-05-2018 11:30