Main Menu

Ini Dia Tips Untuk Kelola Dana THR

Birny Birdieni
23-05-2018 14:49

Ilustrasi. (shutterstock/RT)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com- Kecenderungan masyarakat adalah menghabiskan seluruh dana tunjangan hari raya (THR) Idul Fitri mereka. Padahal, sebaiknya penggunaan itu harus dikelola dengan bijak.

 

Dana THR harus dikelola den­gan bijak agar dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hari raya. Juga jangan sampai jadi mengganggu kebutuhan bulanan. Namun harus ada manfaat lebih dari itu. 

 

Untuk tahu seperti apa cara mengelola THR dengan bijak, baiknya anda menyimak tips dari Head of Wealth Management dan Digital Retail Business Bank Commonwealth, Ivan Jaya berikut ini :

 

1. Buat Anggaran dan Skala Prioritas

 

Menurut Ivan, idealn­ya dana THR yang dig­unakan untuk keperlu­an hari raya tidak dihabiskan seluruhnya. “Dalam pengelolaan TH­R, kebutuhan untuk hari raya harus dipri­oritaskan, seperti pembayaran zakat dan kebutuhan tradisi mu­dik. Namun, jangan dihabiskan semuanya­,” ungkap Ivan Jaya.

 

2. Alokasi Dana THR untuk Investasi

 

Disarankan sekitar 20% - 50% dana itu bisa ditabung atau diinvestasikan. “Dana THR dapat juga diin­vestasikan dan jangan diambil untuk kebu­tuhan masa depan," ujar Ivan.

 

Saran Ivan, masyarakat harus mulai terbiasa menyis­ihkan dana investasi untuk masa depan yang aman. Se­hingga jika menerima dana bonus tidak se­rta-merta berhasrat untuk membeli kebu­tuhan konsumtif yang sifatnya kepuasan diri seme­ntara.

 

3. Sisa THR untuk Membayar Utang dan Menabung

 

Menurut Ivan, sisa dana THR bisa di­manfaatkan untuk mem­bayar utang dan dita­bung. Tabungan juga bisa digunakan untuk kebutuhan pengeluaran tahunan seperti pe­mbayaran PBB, pajak kendaraan, atau qu­rban.

 

4. Investasi Reksadana

 

Masyarakat sebisa mungkin berinvestasi meski sedikit. Bila bujet minim, reksadana bisa menjadi pilihan karena tidak membutuhkan uang yang banyak. Dengan Rp100 ribu, kita bisa berinvestasi di re­ksa dana.


Editor: Birny Birdieni

Birny Birdieni
23-05-2018 14:49